PENGAJARAN INSYA' TAHRIRY DI KELAS IV TARBIYATUL MU'ALLIMAT AL-ISLAMIYAH PONDOK PESANTREN WALI SONGO NGABAR PONOROGO (TINJAUAN TAKSONOMI KOMPARATIF ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA)

WIWIN HAYATI, NIM.02420978-01 (2006) PENGAJARAN INSYA' TAHRIRY DI KELAS IV TARBIYATUL MU'ALLIMAT AL-ISLAMIYAH PONDOK PESANTREN WALI SONGO NGABAR PONOROGO (TINJAUAN TAKSONOMI KOMPARATIF ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGAJARAN INSYA' TAHRIRY DI KELAS IV TARBIYATUL MU'ALLIMAT AL-ISLAMIYAH PONDOK PESANTREN WALI SONGO NGABAR PONOROGO (TINJAUAN TAKSONOMI KOMPARATIF ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGAJARAN INSYA' TAHRIRY DI KELAS IV TARBIYATUL MU'ALLIMAT AL-ISLAMIYAH PONDOK PESANTREN WALI SONGO NGABAR PONOROGO (TINJAUAN TAKSONOMI KOMPARATIF ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan apa saja yang terjadi dalam Insya' di kelas IV TMt-I PPWS dengan menggunakan Taksonomi Komparatif sebagai acuan klasifikasi kesalahan dan untuk mengetahui usaha yang dilakukan oleh pengajar untuk mengatasi kesalahan berbahasa tersebut. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung di pembelajaran bahasa Arab umumnya, dan khususnya TMt-I PPWS sendiri sebagai tempat dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini merupakan sebuah analisis kesalahan berbahasa yang menggunakan taksonomi komparatif sebagai acuan pengklasifikasian kesalahan yang dilakukan oleh santri kelas IV TMt-I PPWS. Analisis dilakukan dengan beberapa langkah. yaitu: Penentuan Korpus Rahasa, Mengenali Kesalahan Korpus, Klasifikasi dan Penjelasan Kesalahan dan Evaluasi Kesalahan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh santri ditinjau dari taksonomi Komparatif adalah kesalahan perkembangan sebanyak 15.292%, kesalahan antarbahasa sebanyak 52.212%, kesalahan taksa 9.374, dan kesalahan unik sebanyak 22.123%. Untuk menanggulangi kesalahan-kesalahan berbahasa ini pengajar lnsya' Kelas IV TMt-1 PPWS telah mengadakan beberapa upaya untuk menanggulanginya seperti: memberikan penjelasan tentang kaidah-kaidah bahasa Arab sebelum pengajar memberikan latihan kepada santri, memberikan kosakata baru bahasa Arab setiap kali memulai materi baru termasuk di dalarnnya idiom-idiom dan istilah-istilah (al-Usluo al-Lugawiy) khusus bahasa arab yang berbeda dengan bahasa Indonesia, dan latihan-latihan menyusun kalimat (Tartlbul jumlah) dan menerjemahkan kalimat-kalimat bahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab disamping program Tasyji'ul Lugah yang diadakan seminggu dua kali, yaitu pada jam 5 sore tiap hari Selasa dan Jum'at.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Asrori Saud, M.Si NIP.150210063
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 05 Jul 2017 11:38
Last Modified: 05 Jul 2017 11:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25857

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum