EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN QIRA'AH KELAS II MTS WAHID HASYIM YOGYAKARTA (SEBUAH TINJAUAN METODE)

SRI RAHMAWATI, NIM.02421471-01 (2006) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN QIRA'AH KELAS II MTS WAHID HASYIM YOGYAKARTA (SEBUAH TINJAUAN METODE). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN QIRA'AH KELAS II MTS WAHID HASYIM YOGYAKARTA (SEBUAH TINJAUAN METODE))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN QIRA'AH KELAS II MTS WAHID HASYIM YOGYAKARTA (SEBUAH TINJAUAN METODE))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan tingkat efektivitas metode yang digunakan dan untuk memperoleh informasi mengenai faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran qira'ah dalam praktik pembelajaran qira'ah di kelas IIMTs Wahid Hasyim Condongcatur. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi untuk KBM di MTs Wahid Hasyim serta menjadi tolok ukur bagi pihak madrasah atas tujuan yang telah dan akan dicapai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil populasi penelitian siswa kelas llMadrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Condongcatur Depok Sleman tahun pelajaran 2005-2006 sebanyak 16 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, tes, observasj, clan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk memperoleh gambaran tingkah laku siswa yang wajar pada pembelajaran qira'ah di kelas II. Metode wawancara digunakan sebagai pelengkap data hasil observasi. Wawancara ini diajukan kepada kepala sekolah, staf pengajar qira'ah, kepala TU dan staf MTs Wahid Hasyim. Metode tes ditujukan hanya_ untuk Ujian Akhir Semester (UAS) mata pelajaran qira'ah kelas II, demikian juga untuk metode angket, hanya mengambil responden dari siswa-siswi kelas II MTs Wahid Hasyim. Berdasarkan aplikasi metode pembelajaran qira'ah, hasil yang diperoleh bervariasi, yaitu : kurang sekali, kurang, cukup baik, dan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kegiatan belajar mengajar guru terkadang Iebih condong pada metode tertentu. Diantara metode yang biasa diterapkan adalah : metode membaca, metode gramatika, metode terjemah, dan metode campuran (direct method dan grammar-translation method). Penerapan metode gramatih. dan terjemah mendominasi metode-metode yang Iain. Dengan demikian, aplikasi terhadap metode campuran kurang maksimal dan berimbas pada hasil pembelajaran qira'ah secara langsung. Oleh karena itu, tingkat efektivitas pembelajaran qira'ah di kelas II Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim dapat dikategorikan cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Syamsuddin Asyrofi NIP.150215584
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 05 Jul 2017 15:06
Last Modified: 05 Jul 2017 15:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25872

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum