HUBUNGAN KEPERCA YAAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NGEMPLAK KABUPATENSLEMANYOGYAKARTA

ALMAS BARLINTI, NIM. 01410789 (2005) HUBUNGAN KEPERCA YAAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NGEMPLAK KABUPATENSLEMANYOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KEPERCA YAAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NGEMPLAK KABUPATENSLEMANYOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KEPERCA YAAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NGEMPLAK KABUPATENSLEMANYOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggungkapkan ada tidaknya hubungan antara kepercayaan diri siswa dengan prestasi belajarnya. Diasumsikan bahwa ada hubungan antara pencapaian prestasi belajar pada siswa dengan perkembangan kepercayaan dirinya, sebagaimana dirumuskan dalam hipotesa bahwa ada korelasi yang posit if an tara kepercayaan diri dengan prestasi bel ajar siswa. Sampel yang diambil berjumlah 116 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, metode dokumentasi, observasi, dan metode wawancara. Dari basil uji coha angket yang meliputi uji validitas dan reliabilitas, maka dari 50 item pertanyaan, ada 5 item gugur. Item yang gugur untuk selanjutnya tidak digunakan lagi. Dilihat dari indeks keandalan sebesar 0,8974, maka instrument tersebut dinyatakan reliabel. Adapun distribusi kedua variabel ditemukan normal,dan hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat linier. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Kepercayaan diri siswa kelas II MTsN Ngemplak bcrada pacta kategori sedang, dengan skor rata-rata kepercayaan diri siswa sebesar 129,24. 2) Prestasi belajar siswa kelas II MTsN Ngemplak beraua paua kllegori seuang, Jengan skor rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 78,355. 3) Hasil penghitungan dengan menggunakan peta korelasi diperoleh angka koefisien korelasi (r) sebesar 0,925. Angka ini jauh lebih besar dari pacta r tabel pad a tara f signifikansi 5% yaitu 0,195 dan taraf signifikansi 1% yaitu 0,254, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis altematif diterima dan hipotesis nol ditolak. 1-lal ini berarti ada hubungan searah (korelasi positif) yang signifikan antara kepercayaan diri siswa dengan prestasi belajar siswa kelas If MTsN Ngemplak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Sri Sumami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: kepercayaan diri, prestari belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Jul 2017 01:15
Last Modified: 06 Jul 2017 01:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25874

Actions (login required)

View Item View Item