ANALISA PELAKSANAAN KURIKULUM FISIKA BERBASIS KOMPETENSI DI SMP MUHAMMAD IVAH 3 DEPOK SLEMAN, SMP MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA, DAN SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA.

DAGUS ACHMAD WILDANI, NIM. 01460910 (2006) ANALISA PELAKSANAAN KURIKULUM FISIKA BERBASIS KOMPETENSI DI SMP MUHAMMAD IVAH 3 DEPOK SLEMAN, SMP MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA, DAN SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISA PELAKSANAAN KURIKULUM FISIKA BERBASIS KOMPETENSI DI SMP MUHAMMAD IVAH 3 DEPOK SLEMAN, SMP MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA, DAN SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA.)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (ANALISA PELAKSANAAN KURIKULUM FISIKA BERBASIS KOMPETENSI DI SMP MUHAMMAD IVAH 3 DEPOK SLEMAN, SMP MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA, DAN SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA.)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan pemantauan di lapangan dan hasil-hasil evaluasi pelaksanaan kurikulum yang pemah dilakukan temyata tuntutan guru terhadap pengembangan KBK memang cukup berat. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) merupakan suatu konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan (kompetensi) tugas-tugas dengan standar peformasi tertentu, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh peserta didik, berupa penguasaan terhadap seperangkat kompetensi tertentu. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisa pelaksanaan KBK khususnya pada mata pelajaran Fisika di sekolah yang dijadikan sebagai minipiloting (SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman), sekolah unggulan (SMP Negeri 5 Yogyakarta), dan SMP Non Unggulan (SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji beberapa hal, meliputi: (1) pendapat guru Fisika dengan diberlakukannya KBK, (2) pendapat mengajar guru Fisika di kelas, (l) penggunaan buku teks oleh guru Fisika dalam proses pembelajaran Fisika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang hasilnya digambarkan dengan kata-kata atau kalimat dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi langsung di dalam kelas, dan dokumentasi. Metode analisa data yang digWlakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil peelitian menunjukkan beberapa hal, yaitu: (1) secara umum pendapat guru Fisika di ketiga sekolah tersebut mengatakan bahwa pemberlakuan KBK sudah cukup bagus, dalam arti pusat pembelajaran telah bergeser dari guru kepeserta didik, (2) pendekatan mengajar yang dilakukan guru Fisika di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman dan SMP Negeri 5 Yogyakarta sudah sesuai dengan tuntutan kurikulum, sedangkan guru Fisika di SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta merasa kesulitan dalam melakukan pendekatan mengajar yang sesuai dengan tuntutan k:urikulum, (3) guru Fisika di ketiga sekolah tersebut mempunyai buku pegangan yang bermacam-macam baik pengarang maupun penerbitnya, tetapi dalam pembuatan modul yang dituntut oleh kurikulum guru tidak bisa melaksanakannya. Guru memilih LKS yang didapat dari agen penjual buku yang dating kesekolah untuk menggantikan peran dari modul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Warsono, M. Si,
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: analisa, KBK, pendapat guru, pendekatan mengajar, penggunaan buku teks
Subjects: Hukum Keluarga
Tadris
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Jul 2017 01:38
Last Modified: 06 Jul 2017 01:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25881

Actions (login required)

View Item View Item