IMPLEMENTAS! KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTSN SLEMAN KOTA

ENIFATMAWATI, NIM. 02421383 - 01 (2005) IMPLEMENTAS! KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTSN SLEMAN KOTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTAS! KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTSN SLEMAN KOTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTAS! KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTSN SLEMAN KOTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis sec kritis tentang b aimana implementasi KBK dalam pembelajaran bahasa Arab MTsN Sleman Kota serta faktor-faktor pendukung dan penghambat yang a dalam implementasi tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunak sebagai bahan informasi dan sumbangan pemikiran untuk menyempurnak implementasi KBK di MTsN Sleman Kota selanjutnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif , dengan mengambil la MTsN Sleman Kota. Pengumpulan data dilakukail dengan mengadakan observa interview dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan tekn analisis deskriptif kualitatif, yaitu cara analisis yang cenderung menggunak kata-kata untuk menjelaskail fenomena ataupun data yang didapatkan. Tekn analisis ini menggunakan dua pendekatan, yaitu induktif dan deduktif. Hasil penelitian menunjukkan: ( 1) Implementasi KBK dala pembelajaran bahasa Arab di MTsN Sleman Kota meliputi kejelasan kompeten hasil belajar dan indikator hasil belajar siswa serta penilaian berbasis kel kegiatan pembelajaran dan pengelolaan kurikulum. (2) Faktor pendukungn adalah: kerjasama yang baik dan tanggung jawab yang tinggi dari semua tena pendidik di MTsN Sleman Kota, usaha dari pihak sekolah untuk menamb pengetahuan mengenai KBK, tersedianya buku panduan, tenaga edukatif ya profesional, adanya mata pelajaran iqro', motivasi dan tanggapan yang positif d peserta didik dan adanya usaha untuk meningkatkan pemahaman terhadap ma pelajaran bahasa Arab serta didukung lingkungan yang kondusif. Sedangk faktor penghambatnya adalah: perbedaan persepsi mengenai implementasi KB dam pembelajaran bahasa Arab, kurangnya sarana dan prasarana, durasi wak kegiatan pembelajaran bahasa Arab masih kurang, heterogenitas peserta didik d kurangnya minat terhadap mata pelajaran bahasa Arab serta kemampuan peser didik yang tidak merata. (3) Hasil yang dicapai dari implementasi KBK dala pembelajaran bahasa Arab di MTsN Sleman Kota adalah: terciptan implementasi kurikulum bahasa Arab berbasis kompetensi yang relevan deng kebutuhan serta situasi dan kondisi MTsN Sleman Kota sekaligus mewujudka peserta didik peserta didik sebagai subjek yang aktif dalam kegiatan pembelajara dan mampu menguasai kompetensi yang diharapkan dari pembel aran baha Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: Implementasi KBK, pembelajaan bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Jul 2017 08:49
Last Modified: 06 Jul 2017 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25882

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum