ANALISIS KINERJA SUPERVISOR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MADRASAH ALLY AH (STUDI ANALISIS PADA DEPARTEMEN AGAMA KOTA YOGYAKARTA)

HASTUTI NURUL HASANAH, NIM. 9847 4102 (2005) ANALISIS KINERJA SUPERVISOR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MADRASAH ALLY AH (STUDI ANALISIS PADA DEPARTEMEN AGAMA KOTA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (ANALISIS KINERJA SUPERVISOR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MADRASAH ALLY AH (STUDI ANALISIS PADA DEPARTEMEN AGAMA KOTA YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (ANALISIS KINERJA SUPERVISOR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MADRASAH ALLY AH (STUDI ANALISIS PADA DEPARTEMEN AGAMA KOTA YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengru.1'Visis pelaksanaan supervisi pendidikan di Madrasah Aliyah Kota Yogyakarta yang dilaksanakan oleh supervisor Pendidika:n Agama Islam pada Madrsah Aliyap di lingkungan Departemen Agama Kota Yogakarta serta kendala-kendala y t dihadapi. Hasil penelitian ini dihru.·apkan dapat dipergunakan un • menyempurnakan pelaksanaan supervisi di Madrasab AI iyah di I ingkung Departemen agama tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar supervisor Pendidkan Agama Islam pada Madrsasah Aliyah di lingkungan Departemen Agama Kota Yogyakarta yang betjumlah 8 orang dan 7 Madr sall Aliyah yang ada di Kota Yogyakarta . Pengumpula:n data dilakukan de:q.gap men a akan p ngamatan, angket, wa ancara mendalam dan dokumentas­ Anahsts data dllakukan dengan memberikan makna dengan data yang ber\J,asd dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsff,hap data dilakukan dengan menggunakan rumus sederhana yaitu persentasi. I Hasil penelitian menunjukkan : 1) Kinetja supervisor Pendidikan Agama I Islam pada Madrasab Aliyah di Kota Yogyakarta dikategorikan cukup b walaupun rnasih belmn mtin dilaJisanakan. 2) Supervisor Pendais pada Madr sa Aliyah Kota Yogyakarta secara keilmuan (latar belakang pendidikan) bt lw 1 memenuhi. 3) Supervisor Pendais pada Madrasah Aliyah Kota Yogyakarta d larp melaksanakan tugas supervsinya berdasarkan instrumen supervisi yang tela.11 dibukukan Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Pembinaan Kelemba aar Agama Islam, mempunyai program supervisi, menciptakan suasana Y'm,y harmonis, menciptakan ketjasama yang baik dengan pihak madr sal , membimbing guru dan pelaku pendidikan lainnya. 4) Dalam pelaksanaait supervisi pendidikan pada Madrasah Aliyah di Kota Yogyakarta tidak terl pa dari faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan supefvisi tersebut. 5) Keprofesionalismean supervisor sangat penting sekali dalam dlffii pendidikan dan keberadaan supervisor pun masih dibutuhkan, mengi_p.gajt banyaknya permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Misbah Ulmunir, M.Si.
Uncontrolled Keywords: analisis kinerja supervisor PAI, Madrasah Aliyah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Jul 2017 13:42
Last Modified: 06 Jul 2017 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25914

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum