PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MADRASAH ALlYAH BENDA PESANTREN PERSATUAN ISLAM 67 BENDA TASIKMALAYA

DIANA ANGGRAENI, NIM. 99474211 (2004) PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MADRASAH ALlYAH BENDA PESANTREN PERSATUAN ISLAM 67 BENDA TASIKMALAYA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MADRASAH ALlYAH BENDA PESANTREN PERSATUAN ISLAM 67 BENDA TASIKMALAYA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MADRASAH ALlYAH BENDA PESANTREN PERSATUAN ISLAM 67 BENDA TASIKMALAYA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Globalisasi yang datang dari Barat memang tidak terlalu menjadi masalah bagi negara-negara maju yang dalam hal ini dikuasai oleh Barat, karen~ mereka lebih unggul dalam berbagai bidang kehidupan termasuk bidang ekonomi, sains dan teknologi. Tetapi, berbeda dengan negara-negara Muslim yang tergolong mayoritas sebagai negara-negara miskin dan 1 berkembang termasuk Indonesia, maka dampak globalisasi terasa begitu membebani walaupun pada akhimya mau tidak mau harus dihadapi.pokok masalah yang dapat dirumuskan adalah Bagaimana pengembangan kurikulum ' di Madrasah Ali yah Benda, Pesantren Persatuan Islam 67 Benda Tasikmalaya periode 1998-2003?. Penelitian penulis yang bersifat lapangan terhadap pengembangan kurikulum pendidikan di sekolah tingkat menengah lembaga pendidikan persatuan Islam di Tasikmalaya, sebenarnya masih bersifat umum. Namun, walaupun demikian dalam akhir penulisan ini, penulis mencoba mengambil i beberapa kesimpulan berikut; 1. Madrasah Aliyah Benda merupakan salah satu lembaga pendidikan Persatuan Islam yang ada di lingkungan Pesantren Persatuan Islam 67 Benda Tasikmalaya. Semua jenjang pendidikan dalam Persatuan Islam dikelola oleh pesantren dan mendapat kewenangan untuk mengembangkan kurikulumnya sendiri-sendiri. 2. Materi-materi yang dikembangkan di Madrasah Aliyah Benda meliputi program dasar keagamaan, program dasar umum dan program tambahan. Dalam perjalanannya, pada tahun1998 dilakukan perubahan terhadap materi kurikulum yang sudah diterapkan, sehingga beberapa materi dikelompokkan dalam satu subjek. Materi-materi tersebut masih cukup fleksibel, karena memberikan pengembangan terhadap ranah afektif, kognitif dan psikomotorik. Adapun untuk tahun 2004 ini PP. Persatuan Islam sedang berupaya meninjau ulang materi-materi tahun 1998 untuk dirumuskan pada pedoman sistem kurikulum Persatuan Islam yang baru.3. Pada awal berdirinya sarana prasarana yang dimiliki Madrasah Ali yah Benda sangat terbatas. Namun, sejak tahun 1998, lembaga ini terns melakukan pengembangan terhadap berbagai sarana prasarana dan berbagai fasilitas di dalamnya. saat ini, lembaga ini telah dilengkapi dengan sarana olahraga (Volley dan Basket), perpustakaan, laboratorium IP N Komputer dan laboratorium bahasa yang sedang dalam penyelesaian. Selanjutnya penggunaan terhadap alat-lat pendidikan dilakukan guru dengan menggunakan fasilitas seadanya, seperti~ alat peraga, alat i pengajaran klasikal, alat praktek, dan lain-lain. Di samping alat-alat tersebut, alat pendidikan langsung seperti~ nasehat, hukuman, suri tauladan, perintah masih dianggap perlu untuk membentuk moral siswa. Adapun penggunaan kaset CD sudah mulai dikembangkan guru-guru sebagai media belajar yang efektif. Dengan demikian, alat dan media yang digunakan cukup praktis dan masih efektif digunakan untuk membantu pelaksanaan pengembangan kurikulum. 4. Dalam rangka upaya pengembangan kurikulum, maka sejak tahun 2003 ini diberlakukan sistem boarding school dengan sistem belajar full day. Dengan sistem tersebut, maka siswa wajib tinggal di asrama dan harus mengikuti proses belajar mengajar sehari penuh. 5. Pengembangan terhadap teknik dan metode belajar mengajar telah disadari oleh guru-guru eli lembaga ini akan sangat mendukung pengembangan kurikulum yang ada. Oleh karena itu, mereka sudah menggunakan metode yang dapat mengembangkan kreatifitas dan daya berfikir siswa. 6. Pada prinsipnya pengembangan kurikulum di Madrasah Aliyah Benda sudah dapat dikatakan cukup relevan antara tujuan, isi/materi dan proses belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Asnafiyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kurikulum
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Jul 2017 00:50
Last Modified: 14 Jul 2017 00:50
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/25916

Actions (login required)

View Item View Item