PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TENTANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI DAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SLTP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

SITI ZULAIHAH, NIM.98413883 (2005) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TENTANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI DAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SLTP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TENTANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI DAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SLTP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TENTANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI DAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SLTP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya pengaruh pola asuh orang tua tentang pendidikan agama Islam terhadap prestasi dan perilaku keagamaan siswa kelas dua SLTP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah orang tua siswa dan siswa kelas dua SLTP Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2002/2003. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling) dengan sistem undian. Ukuran/quota sampd, pcuulis uit.mgacu pada pendapat Suharsimi Arikunto, yaitu mengambil sampel 20% dari jumlah siswa kelas dua yang berjumlah 200 orang, sehingga jumiah sampelnya banyak 40 siswa, sejumlah itu juga orangtuanya. Pengumpulan data <lilakuka11 dengan menggunakan metode angket, interview, observasi dan dokumentasi. Analisis instrument merupakan analisis validitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 25 butir angket untuk orang tua terdapat 23 yang terbukti valid, dan 15 butir angket nntuk siswa terdapat 13 yang terbukti valid. Analisis data rneliµuti analisis deskriptif, analisis tesl "t'' dan analisis variant multivariat. Basil penelitian menunjukkan : I) Kondisi pola asuh orang tua siswa kelas dua SLTP Muhamm adiyah 2 Yogyakmta tentang Pendidikan Agama Islam tennasuk dalam kategori baik. 2) Ada pengaruh signifikan antara pola asuh orang tua tentang pendidikan agama Islam terhadap prestasi belajar siswa kelas dua SLTP Mullammadiyah 2 Yogyakarta . Hal ini berarti pola asuh orang tua sangat berperan dalam meningkatlrnn prestasi belajar siswa di sekolah. 3) Ada pengarnh signifikan antara pola asuh orang tua tentang pendidikan agama Islam terhadap perilaku keagamaan siswa kelas dua SLTP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Hal ini berarti pola asuh orang tua sangat berpcran dalam membentuk perilaku keagamaan siswa sehari­ hari. 4) Terdapat pengaruh signifikan antara pola asuh orang tua tentang pendidikan agarna Islam terhadap prestasi dan perilaku keagamaan siswa kelas dua SLTP Muhammadiyah 2 Yogyakarta . Hal ini berarti pola asuh orang tua sangat berpengaruh/berperan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan dalam membentuk perilaku keagamaannya dalam kehidupa.n sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad NIP.150234516
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 06 Jul 2017 14:47
Last Modified: 06 Jul 2017 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25930

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum