PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM BISNIS UNDIAN SMS BERHADIAH STUDI KOMPARATIF FATWA MUI DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

DEDE HERMAWAN NIM: 04360019, (2009) PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM BISNIS UNDIAN SMS BERHADIAH STUDI KOMPARATIF FATWA MUI DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM BISNIS UNDIAN SMS BERHADIAH STUDI KOMPARATIF FATWA MUI DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM BISNIS UNDIAN SMS BERHADIAH STUDI KOMPARATIF FATWA MUI DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN )
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Di era globalisasi ini, kecanggihan di bidang IPTEK (Informasi dan Teknologi) tidak dipungkiri lagi kehebatannya. Dengan adanya IPTEK ini, banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh, di antaranya kita dapat saling berhubungan atau berkomunikasi. HP (handphone) merupakan modifikasi telekomunkasi yang saat ini menjadi trend di masyarakat. Sebagaimana fungsinya sebagai komunikasi, di dalamnya juga terdapat berbagai fitur menarik yang dapat digunakan, di antaranya SMS (short message service). Secara fungsional, SMS digunakan untuk mengirim pesan pendek tertulis (maksimal pesan berjumlah 160 karakter) melalui ponsel. Saat ini SMS merupakan ajang bisnis yang lagi digandrungi masyarakat. Berbagai talent show di semua media elektronik, sering bermunculan maraknya kuis Short Message Service (SMS) berhadiah. Deretan acara Kuis SMS seperti Super Show, Infotainment, kuis yang disiarkan oleh beberapa radio, dan yang paling baru, spektakuis yang ditayangkan di salah satu stasiun TV menjadi bukti menjamurnya kuis SMS berhadiah. Namun maraknya layanan berbasis SMS telah merisaukan berbagai kalangan masyarakat. Pasalnya, layanan ini dianggap berdampak membodohi masyarakat dan menjadi ajang perjudian. Di sinilah peran hukum Islam dan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlndungan Konsumen dalam menyikapi problematika bisnis undian SMS berhadiah ini. Bagaimana pandangan fatwa MUI dan Undang-undang Nomor 8 Tahun 199 tentang Perlndungan Konsumen terhadap bisnis undian SMS berhadiah ini secara legalitas hukumnya. Kajian ini bersifat deskriptif-analitik-komparatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah normatif, dengan menjelaskan masalah bisnis undian SMS berhadiah dari sudut pandang fatwa MUI dan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, kemudian dilakukan perbandingan, sehingga diperolehlah persamaan dan perbedaan di antara kedua hukum tersebut. Berdasarkan metode yang digunakan di atas, maka dalam pengambilan hukum tentang bisnis undian SMS berhadiah antara fatwa MUI dan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen adalah berbeda. Fatwa MUI dalam pengambilan hukumnya berdasarkan nash al-Qur’an dan hadis, sedangkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen didasarkan pada Undang-undang beserta seperangkat aturan hukum lainnya. Dalam kasus bisnis undian SMS berhadiah ini, fatwa MUI mengharamkannya. Dinyatakan haram jika suatu model pengiriman SMS mengenai berbagai masalah tertentu yang disertai dengan janji pemberian hadiah. Dijelaskannya, undian SMS berhadiah mengandung judi karena mengundi nasib yang menyebabkan konsumen berharap-harap cemas memperoleh hadiah besar dengan cara yang mudah, mengandung tabdzir karena cenderung membentuk perilaku mubazir yang menyia-nyiakan harta dalam kegiatan yang berunsur maksiat, serta mengandung garar, yakni permainan yang tidak jelas dan bersifat mengelabui. Namun hukum tersebut dikecualikan, jika hadiah bukan ditarik dari peserta undian SMS berhadiah. Sedangkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen menilai bahwa undian SMS berhadiah ini dilarang jika terdapat unsur penipuan yang mengakibatkan kerugian pada konsumen. Namun hal ini, sudah diantisipasi dengan adanya UUPK (Undang-undang Perlindungan Konsumen) yang berperan melindungi hak-hak konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Fuad Zein, M.A. Nurainun Mangunsong, SH., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan konsumen, undian SMS berhadiah, fatwa MUI.
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2012 10:14
Last Modified: 27 Aug 2012 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2594

Actions (login required)

View Item View Item