PENDIDIKAN ISLAM BAGI ANAK USIA PRA SEKOLAH DALAM KELUARGA AKTTVIS PARTAI KEADILAN SEJAHTERA KOTA YOGYAKARTA

HENNYHELMI, NIM. 00410198 (2005) PENDIDIKAN ISLAM BAGI ANAK USIA PRA SEKOLAH DALAM KELUARGA AKTTVIS PARTAI KEADILAN SEJAHTERA KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ISLAM BAGI ANAK USIA PRA SEKOLAH DALAM KELUARGA AKTTVIS PARTAI KEADILAN SEJAHTERA KOTA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN ISLAM BAGI ANAK USIA PRA SEKOLAH DALAM KELUARGA AKTTVIS PARTAI KEADILAN SEJAHTERA KOTA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi penelitian in adalah pengurus Dewan Pimpinan Daerah Kota Yogyakarta yang mempunya anak usia 0-6 tahun yang berjumlah 16 keluarga. Pengumpulan data dilakuka dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan ·dokumentasi. Analisis dat dilakukan dengan menggunakan metode berfikir induktif, yaitu cara berfikir yan bertolak dari suatu peristiwa khusus kemudian ditarik ke suatu peristiwa umum . Hasil penelitian menunj ukkan: ( 1) Pendidikan bagi anak usia pra sekola menurut aktivis Partai Keadilan Sejahtera Kota Yogyakarta adalah suatu hal yan bersifat ibadah dan merupakan kebutuhan dasar hidup anak serta menjad tanggung jawab orang tua untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimilik anak yang berlangsung sejak dini sesuai dengan ajaran Islam. (2) Pelaksanaa pendidikan Islam bagi anak usia pra sekolah dalam keluarga aktivis Parta Keadilan Sejahtera Kota Yogyakarta bahwa dasar pendidikan yang aktivi gunakan yaitu ai-Qur'an dan as-Sunnah. Adapun tujuan pendidikan Islam bag anak usia pra sekolah dalam keluarga aktivis adalah agar anak menjadi anak yan saleh, mengenal Tuhannya, mengetahui tugas-tugas hidupnya, serta mamp mengembangkan potensi dirinya sehingga si anak bisa survive dalam menghadap ·tantangan zaman. Adapun materi yang diberikan para aktivis dalam mendidi anak usia pra sekolah dalam keluarga mereka mencakup materi pendidikan ruhani jasmani, intelektual dan sosial. Sedangkan metode yang digunakan adala bennain, bercerita, bernyanyi, berdialog, teladan, pembiasaan, nasehat, perhatian hukuman dan hadiah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Karwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, anak prasekolah, keluarga aktivis
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Jul 2017 15:23
Last Modified: 06 Jul 2017 15:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25941

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum