PENGARUH CASH RATIO (CR), EQUITY TO FIXED ASSET RATIO (EFAR), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), RETURN ON INVESTMENT (ROI), EARNING PER SHARE (EPS), DAN UKURAN PERUSAHAAN (SIZE) TERHADAP KEBIJAKAN PEMBAYARAN DIVIDEN Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Periode 2000- 2004

SALWA, NIM. 04390077 (2008) PENGARUH CASH RATIO (CR), EQUITY TO FIXED ASSET RATIO (EFAR), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), RETURN ON INVESTMENT (ROI), EARNING PER SHARE (EPS), DAN UKURAN PERUSAHAAN (SIZE) TERHADAP KEBIJAKAN PEMBAYARAN DIVIDEN Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Periode 2000- 2004. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kenyataan bahwa kebijakan deviden menimbulkan dua efek yang saling bertentangan. Pembayaran deviden dalam jumlah besar akan bisa meningkatkan harga saham. Tetapi di -lain pihak, pembayaran deviden dalam jumlah besar juga akan menurunkan narga saham karena ketergantungan kepada sumber dana ekstem semakin besar sehingga akan menurunkan tingkat pertumbuhan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah cash ratio (CR), equity to fixed asset ratio (ET AR), debt to equity ratio (DER), return on investment (ROI), earning per share (EPS) dan ukuran perusahaan (size) berpengaruh baik secara bersama-sama atau parsial terhadap dividend per share (DPS) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2000- 2004. Penelitian ini termasuk dalam penelitian terapan. Jumlah sampel adalah 30 dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel penuh (fUll sample). Metode analisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda (multiple regression analysis). Untuk melangkah lebih jauh dalam melakukan analisis, sebuah data harus diuji terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya pelanggaran-pelanggaran terhadap asumsi klasik. Pada model terjadi pelanggaran heterokedastisitas, untuk mengobati pelanggaran ini harus mentransfonnasi model regresi ke dalam bentuk logaritma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel cash ratio (CR), equity to fixed asset ratio (EF AR), debt to equity ratio (DER), return on investment (ROI), earning per share (EPS) dan ukuran perusahaan (size) berpengaruh secara bersama-sama terhadap dividend per share (DPS) dengan probabilitas sebesar 0,000 dan F-hitung sebesar 7,921. Besamya adjusted R2 adalah 0,589. Hal ini berarti 58,90fc, variasi dividend per share dapat dijelaskan oleh variasi dari enam variabel independen CR, EFAR, DER, ROI, EPS dan size. Sedangkan sisanya 41,1% dijelaskan oleh sebab lain diluar model. Berdasarkan analisis regresi tinier berganda dengan menggunakan uji t disimpulkan bahwa hanya variabel EPS yang berpengaruh terhadap DPS dengan arab hubungan positif dengan t-hitung sebesar 4,159 dan probabilitas sebesar 0,000. Sedangkan variabel CR, EFAR, DER, ROI dan size tidak berpengaruh terhadap DPS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: SUNARSIH, SE., M.Si
Uncontrolled Keywords: dividend per share (DPS), cash ratio (CR), equity to fixed asset ratio (ET AR), debt to equity ratio (DER), return on investment (ROI), earning per share (EPS) dan ukuran perusahaan (size)
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 07 Jul 2017 00:40
Last Modified: 13 Jul 2017 07:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25951

Actions (login required)

View Item View Item