RESOURCE BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN YOGYAKARTA III

AYEP ROSIDI, NIM.02420984 (2006) RESOURCE BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN YOGYAKARTA III. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (RESOURCE BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN YOGYAKARTA III)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (RESOURCE BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN YOGYAKARTA III)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui secara mendalam penerapan Resource Based Learning dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Yogyakarta III dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dengan diterapkannya Resource Based Learning dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Yogyakarta UL Penelitian ini merupakan penelitian berbentuk field research atau penelitian kancah atau lapangan yang bersifat kualitatif dengan mengambil latar MAN Yogyakarta Ill. Pegumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakuakn dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: I) Penerapan RBL pada pembelajaran bahasa Arab belum optimal, karena a) Metode yang digunakan guru masih konvensional, yaitu; metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode penugasan, metode langsung dan metode demonstrasi, yang pada prakteknya masih cenderung didominasi guru. b) Tidak tennanfaatkannya sumber belajar laboratorium bahasa, ruang Audio Visual Aid (AVA). Selama ini guru hanya menggunakan buku paket pelajaran bahasa Arab, LKS dan kamus sebagai sumber belajar di dalam kelas dan beberapa kali di perpustakaan, CD materi bahasa Arab, laboratorium komputer dengan kuantitas dan frekuensi pemanfaatan yang sangat minim. 2) Ada beberapa faktor pendukung dan peghambat diterapkannya RBL dalam pembelajaran bahasa arab. Beberapa faktor pendukungnya adalah tersedianya fasilitas sekolah yang cukup lengkap yaitu perpustakaan, ruang audio visual perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, ruang Pusat Sumber Belajar Bersama (PSBB) dan ruang Audio Visual Aids (AVA).Beberapa faktor yang menghambat tidak berjalannya penerapan Resource Based Learning di MAN Yogyakarta III adalah latar belakang siswa yang kebanyakan dari lulusan SMP dan belum mengenal bahsa Arab sebelurnnya, pemanfaatan fasilitas yang kurang karena tidak adanya pelatihan operasinalisasi fasilitas yang ada bagi guru bahasa Arab, sikap guru bahasa arab yang menganggap bahwa bahasa Arab hanya pengenalan saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Zainal Arifin A, M.Ag NIP.150247913
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 07 Jul 2017 08:13
Last Modified: 07 Jul 2017 08:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25960

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum