PERANAN KONSEP RELA TIVITAS KHUSUS EINSTEIN DAN FISIKA ATOM DALAM MENGUNGKAP BUKTI-BUKTI EKSISTENSI TUHAN (PERSPEKTIF SAINS, FILSAF AT DAN ISLAM)

UJEN ZAENAL MUTTAQlN, NIM.99454582 (2006) PERANAN KONSEP RELA TIVITAS KHUSUS EINSTEIN DAN FISIKA ATOM DALAM MENGUNGKAP BUKTI-BUKTI EKSISTENSI TUHAN (PERSPEKTIF SAINS, FILSAF AT DAN ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERANAN KONSEP RELA TIVITAS KHUSUS EINSTEIN DAN FISIKA ATOM DALAM MENGUNGKAP BUKTI-BUKTI EKSISTENSI TUHAN (PERSPEKTIF SAINS, FILSAF AT DAN ISLAM))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PERANAN KONSEP RELA TIVITAS KHUSUS EINSTEIN DAN FISIKA ATOM DALAM MENGUNGKAP BUKTI-BUKTI EKSISTENSI TUHAN (PERSPEKTIF SAINS, FILSAF AT DAN ISLAM))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (54MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan studi pustaka tentang Konsep Relativitas Khusus Einstein mcngenai Kesetaraan Energi dan Massa beserta konsep ilmu Fisika Atom yang dijadikan sebagai dasar argumentasi untuk mengungkap bukti-bukti eksistensi Tuhan (perspektif sains, filsafat clan Islam). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu kenyataan bahwa Tuhan merupakan wacana dan pertanyaan fundamental yang selalu menjadi misteri bagi manusia sepanjang sejarahnya . Kemudfan, Tuhan merupakan obyek kajian filsafat sains, dan mistik atau agama. Oleh karcna itu, untuk mcngungkap bukti-buk'1i cksistcnsi Tuhan harus didekati dengan tiga pendekatan tersebut. Sehingga penelitian ini mencoba menggambarkan konsepsi Tuhan dan eksistensi Tul::an dalam perspektif sains, filsafat dan Islam khususnya al-Qur'an. Di bidang sains khususnya ilmu fisika dalarn bal ini konsep relativitas Einstein energi t.ertinggi (E) dan fisika atom dijadikan sebagai dasar analisa bagi hakikat realitas tertinggi yaitu Zat Mutlak , di mana keduanya djanalogikan sebagai lambang Tuhan. Tujuan penelitian ini selain untuk mengetahui bagaimana hubungan sains, filsafat dan Islam yang didasari oleh wahyu, apakah terdapat interaksi yang sinergis (integrasi), dialog atau justru kontradiktif, serta untuk mengetahui bagaimana konsepsi Tuhan dalam pandangan sains, filsafat dan lsJam serta para tokoh pada masing-masing bidang. Penelitian ini juga bcrtujuan untuk mengungkap bukti-bukti eksistensi Tuhan dan peranan-Nya terhadap alam dan kerudupan beserta isinya menurut perspektif sains, filsafat dan Islam (al-Quran), dcngan pcndckatan konsep Relativitas Khusus Einstein (kesetaraan energi-massa Einstein) dan Fisika Atom . Pcnelitian ini bersifat lihrary ressearch, dengan pendekatnn Holistik­ lntegratif. Pendekatan ini memerlukan eksplorasi dan pemahaman mendalam dengan mengintegrasikan pendekatan filosofis, sains, dan metafisika Islam atau tasawwuf untuk memperoleh suatu argumentasi bagi bukti-bukti eksistensi Tuhan . Pcnelitian ini dianalisa dengan metode deduktif maupun induktif, dan deskriptif analitik, serta filosofis-demonstratif (hurhani). Pembahasan sk.ripsi ini diawali dengan menggambarkan konsep Tuhan dari sudut pandang sains, filsafat dan Islam, disamping pemahaman umum yang berkembangan pada pemikiran manusia.Dari sudut pandang sains, di sini dibahas bagairnana proses pemahaman dan pengetahuan dengan segala potensi yang dimiliki manusia untuk mengetahui segala realita yang dapat disaksikan sampai dcngan akhir segala realitas yaitu Tuhnn. Dari sudut pnndang filsafat, dibahas tentang berbagai pemahaman manusia baik dari segi aliran-aliran filsafat dan para tokoh filsafat memahami eksistensi dan hakikat segala realita mcnuju eksistensi (keberadaan) yang merupakan puncak semua realita eksistensi, dan hakikat segala sesuatu , yaitu Tuhan Yang Maha Esa. Sedangkan dalam Islam, Tuhan dibahas dari perspektif dalil-dalil al-Qur'an, serta ali1an-aliran yang berkembang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Usman SS., M.Ag NIP.150253886
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 07 Jul 2017 09:00
Last Modified: 07 Jul 2017 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25972

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum