SIKAP KEBERAGAMAAN KORBAN PENYALABGUNAAN NARKOTIKA DI'INABAH II PUTRI PONDOK PESANTREN SURYALAYA DESA CIOMAS KECAMATAN PANJALU KABUPATEN CIAMIS JAWA BARAT

ELIS HERYANI, NIM: 99522831 (2004) SIKAP KEBERAGAMAAN KORBAN PENYALABGUNAAN NARKOTIKA DI'INABAH II PUTRI PONDOK PESANTREN SURYALAYA DESA CIOMAS KECAMATAN PANJALU KABUPATEN CIAMIS JAWA BARAT. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (SIKAP KEBERAGAMAAN KORBAN PENY ALABGUNAAN NARKOTIKA DI'INABAH II PUTRI PONDOK PESANTREN SURYALAYA DESA CIOMAS KECAMATAN PANJALU KABUPATEN CIAMIS JAWA BARAT)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (SIKAP KEBERAGAMAAN KORBAN PENY ALABGUNAAN NARKOTIKA DI'INABAH II PUTRI PONDOK PESANTREN SURYALAYA DESA CIOMAS KECAMATAN PANJALU KABUPATEN CIAMIS JAWA BARAT)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengambil tema Sikap Keberagamaan Korban Penyalahgunaan Narkotika di Inabah II Putri Pondok Pesantren Suryalaya Desa -Ciomas Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Dalam skripsi ini penulis ingin mengangkat permasalahan sebagai berikut: bagaimana sikap keberagamaan korban penyalahgunaan narkotika di Inabah II Putri Pondok Pesantren Suryalaya sebelum mereka teijerat narkotika dan ketika berada di lnabah II Putri Pondok Pesantren Suryalaya, serta metode apa yang digunakan dalam membina korban narkotika di lnabah II Putri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana sikap keberagamaan korban penyalahgunaan narkotika di Inabah II Putri Pondok Pesantren Suryalaya sebelum mereka terjerat narkotika dan ketika berada di Inabah II Putri Pondok Pesantren Suryalaya, serta metode apa yang digunakan dalam membina korban narkotika di Inabah II Putri. Sehingga dapat dilihat apakah antara sikap dan perilaku keberagamaan konsisten atau tidak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan psikologi sosial agama dengan tehnik pengumpulan data melalui dari para informan, observasi dan dokumentasi-dokumentasi yang ada. Datadata tersebut penulis analisis secara deskriptif yaitu data yang dikumpulkan mulamula disusun, dijelaskan dan kemudian dianalisa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap keagamaan korban narkotika di Inabah II Putri sebelum memakai narkotika cukup baik dalam artian adanya kekonsistenan antara sikap dan perilaku keagamaan meskipun dalam usia tersebut sikap mereka masih mengikuti konsep sikap dari orang penting yang ada di sekelilingnya baik itu keluarga, guru dan ustadz mereka. Pada usia remaja sikap keberagamaan mereka mulai bergeser tidak konsisten lagi antara sikap dan perilakunya. Akibatnya mereka teijerumus dalam penggunaan obat-obatan terlarang hingga harus menjalani perawatan dan penyembuhan di Inabah II Putri Pondok Pesantren Suryalaya. Setelah berada di Inabah II Putri menjadi lebih baik dalam artian konsisten antara sikap dan perilaku keagamaannya, diwujudkan dalam perilaku keagamaannya yang juga merupakan bagian dari metode penyembuhan, seperti shalat, puasa, dzikir dan lain-lain_ Dari sini nampak bahwa ada kekonsistenan kembali antara sikap keagamaan dengan perilaku keagamaan mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Alef Theria Wasyim, MA
Uncontrolled Keywords: Narkotika, Inabah, Panjalu, Ciamis, Jawa Barat
Subjects: Psikotropika - Narkotika
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Jul 2017 07:51
Last Modified: 14 Jul 2017 07:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25974

Actions (login required)

View Item View Item