PENGARUH PEMANFAATAN TEPUNG KEONG EMAS (POMACEA SP) DALAM RANSUM TERHADAP PRODUKSI DAN KUALITAS TELUR PUYUH (COTURNIX COTURNIX JAPONICA) SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI SMA/MA

NGAINI MUFIDAB, NIM. 99454553 (2006) PENGARUH PEMANFAATAN TEPUNG KEONG EMAS (POMACEA SP) DALAM RANSUM TERHADAP PRODUKSI DAN KUALITAS TELUR PUYUH (COTURNIX COTURNIX JAPONICA) SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMANFAATAN TEPUNG KEONG EMAS (POMACEA SP) DALAM RANSUM TERHADAP PRODUKSI DAN KUALITAS TELUR PUYUH (COTURNIX COTURNIX JAPONICA) SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI SMA/MA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMANFAATAN TEPUNG KEONG EMAS (POMACEA SP) DALAM RANSUM TERHADAP PRODUKSI DAN KUALITAS TELUR PUYUH (COTURNIX COTURNIX JAPONICA) SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI SMA/MA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan tu1tuk mengetahui pengaruh pemanfaatan tepllilg keong emas (Pomacea sp) dalam ransum terhadap produksi dan kualitas telur puyuh (Cotumix cotumix japonica). Disamping itu juga 'llltuk memanfaatkan hasil penelitian sebagai sumber belajar Biologi di SMAIMA. Sampel p•enelitian yang digooakan adalah burung puyuh betina berjumlah 45 ekor yang dibagi menjadi 5 kelompok perlakuan yang terdiri dari 3 ulm gan dan tiap ulangan terdiri dari 3 ekor puyuh. Variabel Debas berupa variasi pemakaian tepllilg keong emas lliltuk mengganti tepung ikan dalam ransum dengan persentase 0%, 2,5%, 5%, 7% dan 10%. Variabel tergantung berupa produksi dan kualitas telur yang metiputi berat telur, tebal kerabang, indek telur, indek albumen, indek yolk dan nilai haugh unit. Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan rata-rata produksi dan kualitas telur, data basil penelitian diuji dengan analisis varian dengan menggooakan rancangan acak lengkap (RAL) dan dilanjutkan dengan uji beda rerata antar perlakuan Duncan 'sMultiple Range Test (DMRT) jika ada perbedaan antar perlakuan. Produksi telur tertinggi diperoleh pada perlakuan R4 dengan rata-rata 73,01%, berat telur tertinggi pada perlakuan R5 dengan rata-rata 10,32 gram, tebal kerabang tertinggi pada R5 dengan rata-rata 0,187 mm, indek telur tertinggi pada R4 dengan rata-rata 76,55%, indek albumen tertinggi pada R2 dengan rata-rata 9,59%, indek yolk tertinggi pada R.5 dengan rata-rata 32,24% dan haugh unit tertinggi pada p-!rlakuan Rl dengan rata-rata 94,84. Hasil penelitian menunjukkan baltwa pemakaian tepwtg keong emas (Pomacea sp) sebagai pengganti tepung ikan dalam ransum tidak berpengaruh secara nyata (p0,05) terhadap produksi dan kualitas telur. Hasil penelitian ini baik proses maupun produknya dapat digooakan sef)agai sumber belajar Biologi di SMNMA kelas X semester 2 pada Sub­ subkonsep Pengaruh Perubahan Lingkungan terhadap Kehidupan Organisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Bambang Retnoaji, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: pengaruh tepung keong mas, produksi dan kualitas telur puyuh
Subjects: Tadris
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Jul 2017 02:34
Last Modified: 07 Jul 2017 02:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25975

Actions (login required)

View Item View Item