KORELASI ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN APRESIASI PENGAMALAN BERIBADAH DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS II SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 7 KOTAGEDE YOGYAKARTA

SITI NASROTUL LAILIYAH, NIM.00460444 (2005) KORELASI ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN APRESIASI PENGAMALAN BERIBADAH DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS II SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 7 KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Korelasi antara Lingkungan Belajar dan Apresiasi Pengamalan Beribadah dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas II Semester II SMP Muhammadiyah 7 Kotagede Yogyakarta)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (Korelasi antara Lingkungan Belajar dan Apresiasi Pengamalan Beribadah dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas II Semester II SMP Muhammadiyah 7 Kotagede Yogyakarta)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengctahui hubungan antara lingkungan belajar dan apresiasi pengamalan beribadah dengan prestasi belajar fisika siswa kelas II Semester II SMP Muhammadiyah 7 Kotagede Yogyakarta. Untuk pengumpulan data tersebut digunakan angket dan tes. Teknik analisa data menggunakan analisis regresi ganda dengan dua prediktor. Sedangkan uji prasyarat yang dipakai dalam penelitian ini adalah uji normaliatas, linearitas, homogenitas dan independen. Penelitian ini terdiri dari dua variabcl bebas dan satu variabel terikat, sedangkan subyek penelitian ini adalah siswa kelas II Semester II SMP Muhammadiyah 7 Kotagede Yogyakarta yang terdiri dari 218 siswa, dari sejumlah populasi tersebut diambil sampcl sebanyak 163 siswa dengan teknik sampel random . Dari hasil penelitian didapat koefisien korelasi untuk variabel xi ( lingkungan belajar) adalah r yl-2 = 0,234 dan r ,,,b pada taraf signifikan 5% sebesar 0, 117. Jadi r »1_ 2 > r ta1> .s%. Dengan hasil uji t hit sebesar 3,566 dan nilai t,ab 1,654 pada taraf signifikan 5%, maka t1iu > t,ah. Nilai koefisien korelasi untuk variabel X 2 (apresiasi pengamalan beribadah) sebesar ry2-1 = 0,219 dan r,ab =0,117. Jadi r >' 2_ 1 > rtab,s%. Dengan hasil uji thu 3,390 dan ttab 1,654 pada taraf signifikan 5%, maka t 1i;, > t iab . Dari analisis regresi koefisien korelasi ganda Ry(i.z) sebesar 0,343 dan harga koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0,118 dan r tab =O, 117 sehingga r hu > r tub. Dengan uji F yang menunjukkan F 1iu 10,676 dan F tab sebesar 2,27 pada taraf signifikan 5%, maka F 1111 > F 101> . Persamaan garis regresinya adalah Y= 0, 179X1 + 0,206X 2 -16,588: Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dan apresiasi pengamalan beribadah dengan prestasi belajar fisika siswa baik sendiri-sendiri ataupun bersama-sama pada siswa kelas II semester II SMP Muhammadiyah 7 Kotagede Yogyakarta dengan besar sumbangan relatif SR 1 =52,895%, SR 2 =47,105% dan sumbangan efektif SE1 =6,228%, SE 2 =5,546% dengan varians sebesar 11,774%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Murtono, M.Si NIP.150299966
Uncontrolled Keywords: lingkungan belajar, apresiasi pengamatan beribadah, prestasi belajar fisika
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 07 Jul 2017 09:37
Last Modified: 07 Jul 2017 09:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25979

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum