PENGARUH UMUR KECAMBAH KACANG TUNGGAK TERHADAP KADAR PROTEIN DENGAN CARA KJELDAHL (SEBAGAI SAHLH SATU ALTERNATIF SOMBER BELAJAR KIMIA DI SMA PADA MATERI POKOK PROTEIN)

TRIYANI HADININGRUM, NIM. 01440612 (2006) PENGARUH UMUR KECAMBAH KACANG TUNGGAK TERHADAP KADAR PROTEIN DENGAN CARA KJELDAHL (SEBAGAI SAHLH SATU ALTERNATIF SOMBER BELAJAR KIMIA DI SMA PADA MATERI POKOK PROTEIN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH UMUR KECAMBAH KACANG TUNGGAK TERHADAP KADAR PROTEIN DENGAN CARA KJELDAHL (SEBAGAI SAHLH SATU ALTERNATIF SOMBER BELAJAR KIMIA DI SMA PADA MATERI POKOK PROTEIN))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH UMUR KECAMBAH KACANG TUNGGAK TERHADAP KADAR PROTEIN DENGAN CARA KJELDAHL (SEBAGAI SAHLH SATU ALTERNATIF SOMBER BELAJAR KIMIA DI SMA PADA MATERI POKOK PROTEIN))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh umur kecambah kacang tunggak terhadap kadar protein. Populasi penelitian ini adalah kacang tunggak yang dibuat kecambah dengan berbagai umur. Teknik pengarnbilan sampel dilakukan secara purpossive sampling dengan rnengrunbil kecambah kacang tunggak yang kondisinya baik untuk tiap umur kecarnbah. Data penelitian ini diperoleh dari analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan rnetode Biuret dan Millon yang rnenunjukkan hasil positif adanya protein, sedangkan analisis kuantitatif dilakukan dengan metode Kjeldahl. Hasil perhitungan kadar protein pada kecambah kacang tunggak adalah : urnur 0 hari 17,467 %, umur 1 hari 13,427 %, urnur 2 hari 12,362 % clan urnur 3 hari 11,525 %. Hasil analisis dengan ANA VA A diperoleh F hitung sebesar 1.434, harga ini kernudian dikonsultasikan dengan F tabel dengan db 3 lawan 36 pada taraf signifikansi 5 % yaitu 2,80 sehingga djperoleh F hitung > F tabel. Berdasarkan basil tersebut dapat disirnpulkan bahwa ada pengaruh urnur kecambah kacang tunggak terhadap kadar protein. Proses dan produk penelitian ini dapat menjadi alternatif sumber belajar kimia di SMA kelas XII pada Materi Pokok Protein kacena mernenuhi syarat-syarat sebagai sumber belajar .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Das Salirawati, M.Si NIP.132001805
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: S.kom Fatchul Hijrih
Date Deposited: 07 Jul 2017 02:48
Last Modified: 07 Jul 2017 02:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25981

Actions (login required)

View Item View Item