HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN AWAL KIMIA DAN PERSEPSI TENTANG PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2005/2006

MUSLIKHUDIN, NIM. 99454385 (2006) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN AWAL KIMIA DAN PERSEPSI TENTANG PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2005/2006. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN AWAL KIMIA DAN PERSEPSI TENTANG PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2005/2006)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN AWAL KIMIA DAN PERSEPSI TENTANG PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2005/2006)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak hubungan yang positif dan berarti dari kemampuan awal kimia dan persepsi tentang pembelajaran kimia dengan prestasi belajar kimia siswa kelas XI MAN Yogyakarta II tahun ajaran 2005/2006. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode angket dan dokumcntasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh data persepsi tentang pcmbclajaran kimia. Data tentang kemampuan awal kimia dan prestasi belajar imia diperoleh mclalui metode dokumentasi. Hasil analisis regresi ganda dalam penelitian ini menui.1jukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan awal kimia dan persepsi tcntang pembelajaran kimia dengan prestasi belajar kimia siswa. Korelasi tersebut ditun_iukkan mclalui persamaan regresi ganda Y = 0,579XI + 0,956 X2- 29,545. Hasil perhitungan koefisien korelasi ganda diperoleh Ry 1,2 = 0,498 dengan sumhangan efektif sehesar = 24,81 %. Hasil uji signifikansi F hitung = 9,239 lchth I'ICsar dari F tabel pada taraf signifikansi 5% dan df= 2/56, sebesar 3,162. Uji hirotesis korclasi parsial diperoleh koefisien korelasi parsial Tyt-2 = 0,379 dengan sumbangan cfektif sebesar = 13,65 %. Uji signifikansi t hitung = 3,268 lchih hcsar dari 1 tabel pada taraf 5 % dan df = 56, sebesar = 2,003. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positifdan bennakna antara kemampuan awal kimia dengan prestasi belaj&r kimia siswa bi)a persepsi tentang pembelajaran kimia dikendalikan. Berdasarkau hasil analisis juga dapat diketahui bahwa ada hubungan yang positif dan bennakna antara persepsi tentang pembelajaran kimia dengan prestasi bclajar kimia siswa bila kemampuan awal kimia dikendalikan . Hasil perhitungan koefisien korelasi parsial diperoleh ry2-t = 0,345 dengan sumbangan efektif = 11,16 %. Uji signifikansi diperoleh t hitung = 2,971 lebih besar dari t tabel pada taraf 5 % dan df = 56, sebesar = 2,003. Dengan demikian, variabel kemampuan awal kimia dan persepsi tentang pembelajaran kimia memiliki pengaruh terhadap variasi prestasi belajar kimia siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sedya Santosa. S.S, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, persepsi, pembe/ajaran, klmia
Subjects: Tadris
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Jul 2017 09:45
Last Modified: 07 Jul 2017 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25983

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum