STUD I STRA TEGI PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERP ADU (SDIT) HIDAYATULLAH BALONG DONOHARJO NGAGLIK SLEMANDIY

ENENG RIHANAH KAMILAH, NIM. 01450710 (2006) STUD I STRA TEGI PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERP ADU (SDIT) HIDAYATULLAH BALONG DONOHARJO NGAGLIK SLEMANDIY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pembelajaran Sains di SDIT Hidayatullah Sleman DIY dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran sains di sekolah tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembelajaran Sains yang dilaksanakan di SDIT Hidayatullah DIY. Sampel dalam penelitian ini adalah pembelajaran Sains kelas 3, 4, dan 5. ini adalah penelitian survey. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan reduksi data, display data dan verifikasi (penafsiran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran sains di SDIT Hidayatullah Sleman DIY disusun berdasarkan pada format mengintegrasikan kurikulum nasional dengan kurikulum lokal yaitu kurikulum berbasis tauhid. strategi pembelajaran meliputi pendekatan, metode dan media pembelajaran sampai pada evaluasi pembelajaran. Pendekatan yang dilakukan adalah dengan pendekatan kontekstual, pembelajaran dengan pendekatan induktif dan deduktif, pendekatan proses, inkuiri, rasional, dan eksplorasi. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, eksperimen, observasi, eksplorasi, penugasan dan CD Audio Visual. Media pembelajaran berupa alam langsung, media model, charta, alat-alat sederhana yang ada disekitar, CD Harun Y ahya, seperangkat lab kit. Faktor pendukung adalah alam yang asri, guru yang kompeten dibidangnya, media pembelajaran yang memadai, tersedianya buku-buku penunjang sains dan kerjasama yang baik dengan para pakar pendidikan. Faktor penghambat adalah belum adanya pedoman kurikulum, beberapa ruang kelas terbuka, belum ada laboratorium khusus Sains.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Paidi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembelajaran, Pembe/ajaran Sains, Pembe/ajaran Terpadu, Pendekatan Metode, Media, Evaluasi Pendidikan.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 07 Jul 2017 02:51
Last Modified: 13 Jul 2017 07:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25985

Actions (login required)

View Item View Item