PERANAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMIJ MUIIAMMADIYAII 4 YOGYAKARTA

MARYATI, NIM. 99414427 (2006) PERANAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMIJ MUIIAMMADIYAII 4 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

MARYATI. Penman Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Di SMU Muhammadiyah 4 Kotagede Yogyakarta. Skripsi.Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2006. PeneJitian ini bertujuan w1tuk menganalisis secara kritis tentang apa peranan kepala sekolah dan bagaimana upaya dan teknik yang dilakukan dalam meningkatkan kompetensi profesional guru P AI di SMU Muhammadiyah 4 Kotagede Y ogyakarta. Penelitian int merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambiJ Jatar SMU Muhammadiyah 4 Kotagede Yogyakarta. PengumpuJan data diJakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data diJakukan dengan memberikan mak:na terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna ituJah ditarik kesimpuJan. Hasil penelitian menunjukkan: (J) peranan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetesi profesional guru PAl adalah membantu para gum dalam mengatasi pennasalahan yang dihadapi, baik yang berkaitan dengan pennasalahan pribadi maupun persoalan belajar -mengajar, memberi pelayanan kepada para gmu agar mereka dapat melaksanakan tugas dan tangbrungjawabnya sesuai dengan kemampuannya. (2) upaya kcpala sekolah dalam mcningkatkan kompetensi profesional guru dengan cara-cara mengirim guru dalam kegiatan penataran, memotivast dan membangkltlkan semangat gum dalarn mengajar, menyediakan fasilitas untuk meningkatkan mutu dan pengetahuan guru, bersarna guru mengembangkan metode mengajar yang sesuai dengan kurikuJum, membina kerjasama yang baik dengan para guru dan sekolall lain. (3) teknik kepala sekolall meliputi teknik individu dan teknik kelompok.Teknik individu meliputi kunjungankelas dan percakapan pribadi. Sedangkan teknik kelompok meliputi rapat gmu, pertemuan orientasi gmu-gun1 baru dan lokakarya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sardijuli, M.Pd
Uncontrolled Keywords: supervisor, pengembagan sekolah, muhammadiyah, sekolah menengah umum
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 07 Jul 2017 11:19
Last Modified: 13 Jul 2017 15:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25996

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum