PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AKHLAK DI MADRASAH ALlYAH NEGERI GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA

HETI LESTARI, NIM. 01410863 (2005) PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AKHLAK DI MADRASAH ALlYAH NEGERI GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AKHLAK DI MADRASAH ALlYAH NEGERI GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AKHLAK DI MADRASAH ALlYAH NEGERI GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Pendidikan akhlak menghadapi problematika yang disebabkan oleh penerapan kurikulum yang terlalu padat materi (mengedepankan aspek pemikiran daripada membangun kesadaran keberagamaan yang utuh); metodologi pendidikan agama yang kurang menekankan penjiwaan terhadap nilai-nilai keagamaan; buku-buku paket pendidikan agama yang belum cukup memadai untuk membangun kesadaran beragama, memberikan ketrampilan fungsional keagamaan dan mendorong perilaku bermoral dan berakhlak mulia pada peserta didik. Dengan kondisi semacam itu, MAN Gandekan Bantul adalah salah satu dari sekian madrasah yang merasakan fenomena-fenomena problematis tersebut dan berupaya mengatasinya. Dalam penelitian ini, penyusun memanfaatkan metode kualitatif yang menekankan pada makna, penalaran, definisi suatu situasi tertentu (dalam konteks tertentu), dan mencermati fenomena yang ada, dengan memanfaatkan pendekatan fenomenologis, dan metode pengumpulan data yang bersifat partisipatif, observasi, wawancara (interview) dan penelusuran dokumentasi yang diperlukan. Dari analisis deskriptif yang dilakukan, ditemukan bahwa pendidikan akhlak di MAN Gandekan Bantul menghadapi tantangan yang cukup signifikan karena pendidikan akhlak yang berlangsung di sekolah sangat terpengaruhi oleh faktor-faktor eksternal yang membentuk kepribadian (character building) siswa manakala mereka berada di luar sekolah. Beberapa faktor penghambat yang cukup berpengaruh dalam pendidikan akhlak dimaksud adalah latar belakang pendidikan agama keluarga, status sosial-ekonomi, lingkungan sosial, dan latar ""-,, belakang pendidikan dasar peserta didik sebelum mereka menjadi siswa MAN XX

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sumedi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Problematika pendidikan akhlag, MAN Gandekan Bantul
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Jul 2017 16:19
Last Modified: 07 Jul 2017 16:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26007

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum