STlJDI HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN KEMAMPUAN PENALARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SJSWA KELAS II SEMESTER II MTs ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2003/2004

MUYASSAROH, NIM. 99434360 (2004) STlJDI HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN KEMAMPUAN PENALARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SJSWA KELAS II SEMESTER II MTs ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2003/2004. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan kemampuan penalaran dengan prestasi belajar matematika siswa kelas II semester II MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta Tahun ajaran 2003/2004. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II semester II MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta Tahun ajaran 2003/2004 yang berjumlah 100 siswa, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIC dan liD sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dua metode, yaitu metode angket untuk kecerdasan emosional sebanyak 20 butir soal yang shahih dengan koefisien reliabilitas 0,9314; metode tes untuk kecerdasan spiritual sebanyak 14 butir yang shahih dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,8756~ metode tes untuk kemampuan penalaran sebanyak 5 butir soal yang shahih dengan koefisien reliabilitas 0,7815; dan metode tes untuk prestasi belajar Matematika sebanyak 9 butir soal yang shahih dengan koefisien rehabilitas 0,7754 Anahsis data yang digunakan adalah analisis korelasi dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) adanya hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi 0,634 dan persamaan regresi yang diperoleh adalah Y=9,050+0,443XJ. (2) adanya hubungan negatif antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi0,086 dan persamaan regresi Y=23,177- 0,0394X2. (3) adanya hubungan positif antara kemampuan penalaran dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi 0,902 dan persamaan regresi Y=-0,544 + 1,524X3. (4) adanya hubungan positif antara kecerdasan· emosional, kemarnpuan penalaran dengan prestasi belajar matematika dan adanya hubungan negatif antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar maternatika dengan koefisien 0,0907 dan persamaan regresi Y=1,175 + 0,06392X1-0,05031X2 + 1,421X3. (5) besarnya kontribusi atau surnbangan relatif dari variabel Xl=7,05%, variabel X2= 0,71% dan variabel X,= 92,24% sedangkan sumbangan efektif dari variabel X1= 5,8%,variabel X2= 0,6% dan variabel X2= 75,9%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Edi Prajitno, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, Kecerdasan spiritual, Kemampuan, enalaran Prestasi be!ajar rnatematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 10 Jul 2017 08:38
Last Modified: 13 Jul 2017 15:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26020

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum