PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTsN SLEMAN KOTA

NINA LUTFIAH, NIM. 01420848 (2005) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTsN SLEMAN KOTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

NINA LUTHAH. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Terhadap Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs N Sleman Kota. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005 Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui ada tidaknya perbedaan penguasaan bahasa Arab siswa kelas 1 MTs N Sleman Kota antara sebelum dan sesudah eksperimen pembelajaran dengan media kartu. 2) Mengetahui pengaruh pengunaan media kartu tcrhadap penguasaan bahasa Arab siswa kelas VII MTs N Sleman Kota. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang terdaftar sebagai siswa kelas VII MTs N Sleman Kota tahun pelajaran 2004/2005 yang berjumlah 203 orang. Karena besarnya populasi yang akan dijadikan subyek penelitian, maka penulis mengambil 39 % dari populasi 203 siswa, sehingga diperoleh sampel sebesar 79,17 siswa atau dibulatkan 79 siswa yang dibagi dalam dua kelas yaitu kelas VII D sebanyak 40 siswa sehagai kelas kontrol dan kelas VII E sebanyak 39 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dengan >netode interview, dokumentasi, observasi dan test. Analisis data dengan t - test st£~.tisti~ dan deskriptif dengan perhitungan menggunakan bantuan computer program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan: l) Ada perbedaan yang signitikan dalam hal penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas VII MTs N Sleman Kota antara sebelum diberi perlakuan dengan media kartu dan scsudah diberi perlakuan dengan media kartu. Terbuktj bahwa nilni t hitung pada kelas kontrol untuk pre tes sebesar 22,193 dan post tes sebesar 30,557. Sedangkan pada kelas eksperimen untuk pre tes sebesar 19, 120 dan post tes sebesar 15,3 81 ternyata lebih besar dari ni1ai t tabel pada N = 39 ts. 5% sebesar 2,03. Juga dapat d!lihat pada nilai probability (Sig.) masing-masing baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen sama-sama menunjukkan ada perbedaan yang signifikan, hal ini dapat diketahui nilai probability (Sig.) 0,000 ternyata lebih kecil dari 0,005. 2) Besarnya penggunaan media kartu dalam mempengaruhi penguasaan Bahasa Arab siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen ada peningkatan dari 5,13% menjadi 30,51% atau ada peningkatan sebesar 25,38%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. dudung hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: bahasa, kosa kata, bahasa arab, islam
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 10 Jul 2017 08:51
Last Modified: 13 Jul 2017 15:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26023

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum