KEBIJAKAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP "REMAJA" PARAKAN (TINJAUAN HISTORIS)

NUR MUHAMMAD BIANTORO, NIM. 00410264 (2005) KEBIJAKAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP "REMAJA" PARAKAN (TINJAUAN HISTORIS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

NUR MUHAMMAD BIANTORO. Kebijakan Pelaksanaan Pendid. Agama Islam di SMP "Remaja" Parakan (Tinjauan Historis). Skripsi. Yogyakarla: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang kebijakan pelaksanaan pendidikan agama Islam di SMP "Remaja" Parakan serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan sebagai masukan bagi lembaga-lembaga pendidikan baik pemerintah maupun swasta dalam mengeluarkan kebijakan pendidikan, khususnya kebijakan pelaksanaan pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis dengan obyek penelitian kebijakan pelaksanaan pendidikan agama Islam di SMP "Remaja" Parakan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan tehnik deskriptik analitik yaitu dengan menyerap informasi yang sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber (ecletic) dan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi obyek penelitian (pluralistic). Hasil penelitian menunjukkan : (1) SMP "Remaja" Parakan adalah salah satu sekolah yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan "Remaja" Parakan yang menyelenggarakan pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianut oleh siswanya. Yayasan Pendidikan "Remaja" (SMP "Remaja") Parakan walaupun cikal bakalnya adalah THHK yang pada awalnya sebagai lembaga pendidikan untuk mengajarkan agama Konghuchu, akan tetapi Yayasan Pendidikan "Remaja" Parakan mengambil sikap yang berbeda, yaitu menempatkan diri sebagai lembaga pendidikan umum dan netral. Konghuchu dalam lembaga ini dianggap sebagai filsafat moral atau etika. (2) Kebijakan pelaksanaan pendidikan agama dan kehidupan beragama di SMP "Remaja" Parakan antara lain : Pertama, tidak membangun tempat ibadah, akan tetapi memperbolehkan ruangan kelas dan aula sebagai tempat melaksanakan ibadah. Kedua, memberi kebebasan kepada pengurus, guru, karyawan dan siswa untuk melaksanakan ibadah menurut agama masing-masing. Ketiga, mengadakan perayaan hari-hari besar keagamaan bagi seluruh agama yang ada di lingkungan SMP "Remaja" Parakan. Keempat, bagi siswa muslim boleh melaksanakan shalat Jum'at di sekolah. (3) Secara garis besar, faktor yang mempengaruhi dikeluarkannya kebijakan pelaksanaan PAl di SMP "Remaja" Parakan adalah faktor hukum (undang-undang ), politik, agama, sosial dan sejarah. Faktor hukum atau undang-undang yang mempengaruhi kebijakan tersebut justru bukan dari undang-undang pendidikan yang mengatur pelaksanaan pendidikan agama, akan tetapi dari undang-undang yang mengatur pelarangan sekolah asing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Rofik, M. Ag
Uncontrolled Keywords: sekolah, pendidikan , islam, remaja islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 10 Jul 2017 10:04
Last Modified: 13 Jul 2017 15:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26034

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum