PENGARUH MODERNISASI TERHADAP RELIGIUSITAS MASYARAKATPERKOTAAN (STUDI PENELITIAN DI MEKARWANGI CIKARANG BARAT, BEKASI)

FAKJIRUDINSUJARVVO, NIM. 00540093 (2005) PENGARUH MODERNISASI TERHADAP RELIGIUSITAS MASYARAKATPERKOTAAN (STUDI PENELITIAN DI MEKARWANGI CIKARANG BARAT, BEKASI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODERNISASI TERHADAP RELIGIUSITAS MASYARAKATPERKOTAAN (STUDI PENELITIAN DI MEKARWANGI CIKARANG BARAT, BEKASI))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODERNISASI TERHADAP RELIGIUSITAS MASYARAKATPERKOTAAN (STUDI PENELITIAN DI MEKARWANGI CIKARANG BARAT, BEKASI))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kehidupan manusia dalam sebuah komunitas yang disebut sebagai masyarakat, merupakan problema yang sangat kompleks. Fenomena sosial yang terjadi seringkali mengacu pada adanya indikasi-indikasi yang rentan sekali melahirkan perbedaan dan bahkan perselisihan dalam hal persepsi dan interpretasi. Ha1 ini dikarenakan persoalan kemanusiaan yang sangat erat hubungannya dengan perubahan dan perkembangan sosial. Perubahan yang radikal dan mendalam, seringkali dikaitkan ke dalam terma modernisasi kehidupan sosial yang diiringi dengan pertumbuhan dan peningkatan aktivitas, sebagaimana yang terjadi pada masyarakat Mekarwangi semenjak tahun 80-an. Dalam hal ini, industrialisasi sebagai salah satu ciri khas modemisasi, telah menyebarkan virus yang menimbulkan perubahan-perubahan mendasar pada segala dimensi kehidupan. Pengaruh industrialisasi tidak hanya menyentuh pada aspek fisik semata, namun juga memberi suatu corak baru dalam aspek moral dan agama. Membahas masalah modernisasi tidak hanya mencerminkan suatu evaluasi sejarah biasa, akan tetapi merupakan dekonstruksi terhadap sejarah berikutnya. Dari sini proses modemisasi dapat ditelaah dengan menggunakan tiga model, yaitu: model budaya, model psikologis dan model proses sebagai pisau analisis untuk melihat sejauhmana pergeseran-pergeseran dan perubahan yang terjadi di dalam masyarakat. Pada model budaya perubahan dapat ditinjau dari akulturasi budaya lokal dengan budaya asing dalam mainstrem urbanisasi sebagai akibat dari proses industrialisasi. Adapun pada model psikologis, ekses-ekses modernisasi terlihat jelas dari perubahan pola sikap, sistem-sistem kepercayaan dan sifat-sifat kepribadian. Sedangkan pada model proses, modemisasi dapat ditelaah dari dua kerangka proses besar, yaitu: sekularisasi dan industrialisasi itu sendiri. Modemisasi merupakan gejala masyarakat yang berubah dan implikasi logis untuk memenuhi kebutuhan dan tatanan sosial. Perkembangan ini memberikan corak baru bagi masyarakat dan terakses pada segala bidang kehidupan, tidak terkecuali pada corak keberagamaan masyarakat. Bagi masyarakat Mekarwangi yang memiliki karakteristik sebagai masyarakat perkotaan, pengaruh modemisasi memberikan aspek positif untuk mengatasi ketegangan-ketegangan dari persoalan hidup. Namun, pada sisi lain aspek negatifnya justru dapat membawa disintegrasi sosial. Modemisasi sebagai gerakan budaya telah menghadirkan perbedaan­ perbedaan yang meruntuhkan totalitas, kesatuan nilai dan kepercayaan. Modemisasi yang ditandai oleh perbedaan-perbedaan dalam kehidupan telah mendorong pembentukan definisi baru tentang berbagai hal dan memunculkan praktek kehidupan yang beraneka ragam. Cara orang mempraktekkan agama pun berbeda-beda. Bukan hanya agama mengalami kontekstualisasi sehingga agama melekat di dalam masyarakat, namun juga karena budaya yang mengkontekstualisasikan agama itu merupakan budaya modern dengan tata nilai yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Nafilah Abdullah, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Modernisasi, masyarakat perkotaan
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Jul 2017 10:11
Last Modified: 10 Jul 2017 10:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26037

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum