MITOS BATU GILANG DITINJAU DARI PERSPEKTIF STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS (STUDI TERHADAP BABAD TANAHFAWI (GALUH-MATARAM))

FAISOL, NIM. 99522993 (2005) MITOS BATU GILANG DITINJAU DARI PERSPEKTIF STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS (STUDI TERHADAP BABAD TANAHFAWI (GALUH-MATARAM)). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (MITOS BATU GILANG DITINJAU DARI PERSPEKTIF STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS (STUDI TERHADAP BABAD TANAHFAWI (GALUH-MATARAM)))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)
[img] Text (MITOS BATU GILANG DITINJAU DARI PERSPEKTIF STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS (STUDI TERHADAP BABAD TANAHFAWI (GALUH-MATARAM)))
BAB II, III, IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (9MB)

Abstract

Masyarakat Jawa merupakan "ladang" potensial yang masih memendam segudang informasi budaya untuk dapat digali seiring dengan perkembangan waktu. Harus diakui bahwa usaha untuk mengungkap alam pikiran, pandangan dan kehidupan orang Jawa tidak akan pernah tuntas bahkan masih diperlukan cara-cara baru dalam mengungkap "misteri" kebudayaan tersebut. Salah satu misteri tersebut adalah mitos, dalam hal ini mitos Batu Gilang yang peneliti pilih sebagai bahan penelitian. Karena dalam mitos ini tercermin relasi-relasi simbolis antara berbagai elemen prinsip yang berbeda atau bahkan yang dianggap berlawanan sama sekali. Sehingga menarik untuk digali deep structure (makna) di balik mitos tersebut. "With myth, everything becomes possible". Demikian kata Claude Levi­ Strauss ketika mengungkapkan konsepnya tentang mitos dan mencoba menganalisanya. Baginya mitos merupakan sebuah mimpi kolektif dan basis ritual yang dapat menjadi jendela analisis untuk melihat problem suatu masyarakat yang terpendam dalam tingkat nir-sadar mereka. Penelitian ini adalah penelitian teks (literer) dan termasuk dalam library research (perpustakaan). Adapun pengumpulan data penelitian dilakukan melalui metode dokumentasi terhadap data primer dan data sekunder. Data primer pertama, adalah teks narasi mitos Batu Gilang yang tertuang dalam Babad Tanah Jawi (Galuh Mataram). Kedua, buku-buku tentang strukturahsme Levi-Strauss, mitos, dan kebudayaan Jawa. Sedangkan data sekunder adalah data yang berkaitan -baik langsung ataupun tidak langsung- dengan data primer. Selain itu sebagai pelengkap -untuk mencari inforrnasi keberadaan mitos tersebut- peneliti melakukan interview dengan masyarakat pendukung mitos ini. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan kerangka pemikiran strukturalisme Levi­ Strauss. Hasil analisis dalam penelitian ini menggambarkan bahwa dalam mitos Batu Gilang ditemukan struktur berpikir orang Jawa. Struktur pemikiran ini mencerrninkan upaya kognitif orang Jawa pra-Islam untuk menyelaraskan dan menggabungkan berbagai elemen budaya Islam dalam suatu kerangka simbolis yang dapat mereka gunakan untuk menafsirkan, memahami berbagai prinsip ajaran, perilaku dan lingkungan yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, mitos ini juga mencerminkan salah satu hasil proses sinkretisasi di bidang "agama" di kalangan orang Jawa. Sinkretisasi ini peneliti temukan dalam dua tataran. Pertama, tataran kepercayaan dan perilaku, melalui kisah ini orang Jawa dapat memandang hal-hal yang bersifat pra-Islami, Jawa dan lslami sebagai unsur-unsur yang berhubungan satu sama lain secara harrnonis yang kemudian disebut dengan "Agama Jawi" atau Kejawen. Kedua, tataran kekuasaan keraton, mitos ini dijadikan sebagai alat legitimasi bagi apa yang diyakini pada keraton Mataram Yogyakarta, yaitu keraton menganut agama Islam, sehingga kemudian Islam menjadi ideologi yang dominan. Namun tidak menafikan adanya praktek­ praktek mistik di dalamnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. M. Damami
Uncontrolled Keywords: Mitor batu gilang
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Jul 2017 03:26
Last Modified: 10 Jul 2017 03:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26039

Actions (login required)

View Item View Item