KORELASI ANTARA POLA KEPEMIMPINAN DEMOKRA TIS ORANG TUA DENGAN SIKAP TAW ADHU' ANAK DI DUSUN BRONGGANG SANGEN, DESA KRAJAN, KECAMATAN WERU, KABUPATEN SUKOHARJO

NURAINI KHAYATUN KHUSNA, NIM.00410342 (2005) KORELASI ANTARA POLA KEPEMIMPINAN DEMOKRA TIS ORANG TUA DENGAN SIKAP TAW ADHU' ANAK DI DUSUN BRONGGANG SANGEN, DESA KRAJAN, KECAMATAN WERU, KABUPATEN SUKOHARJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Nuraini Khayatun Khusna. Korelasi Antara Pola Kepemimpinan Demokratis Orang Tua dengan Sikap Tawadhu' Anak di Dusun Bronggang Sangen, Desa Krajan, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukohrujo. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya hubungan yang positif signifikan antara Pola Kepemimpinan Demokratis Orang Tua dan Sikap Tawadhu' Anak di Dusun Bronggang Sangen, Desa Krajan, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukohrujo. Populasi penelitian ini adalah para orang tua yang mempunyai anak berumur 9 sampai 15 tahun yang berjumlah 237 orang dan anak-anak yang berumur 9 sampai 15 tahun yang betjumlah 246 anak. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (Random sampling). Ukuran sampel ditentukan berdasarkan pada pendapat suharsimi arikunto yaitu dengan mengambil 20% dari jumlah populasi sehingga jumlah sampelnya 50 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi, dokumentasi, wawancara. Analisis Instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis Validitas menunjukkan dari 25 butir angket tentang pola kepemimpinan orang tua terdapat 21 butir terbukti valid dan 25 butir angket tentang sikap tawadhu' anak terdapat 20 butir terbukti valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan reliabilitas sebesar 0, 8233 untuk pola kepemimpinan orang tua dan reliabilitas sebesar 0,8210 untuk sikap tawadhu' anak dan keduanya dinyatakan reliabel. Analisisdata yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan 1 ). Pola kepemimpinan demokratis orang tua di Dusun Bronggang Sangen, berada pada kategori cukup atau berpola kepemimpinan cukup demokratis. 2). Sikap tawadhu' anak pada orang tua di Dusun Bronggang Sarigen, Desa Krajan, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukohrujo tergolong pada kategori cukup atau sedang. 3). Ada hubungan yang positif signifikan antara pola kepemimpinan demokratis orang tua dan sikap tawadhu' anak di Dusun Bronggang Sangen, Desa Krajan, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukohatjo. Hal ini berarti semakin tinggi pola kepemitnpihan demokratis orang tua maka akan semakin baik atau bertambah sikap tawadhu' anak pada orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Sri Sumarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: manajemen, islam, kepemimpinan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 10 Jul 2017 10:20
Last Modified: 13 Jul 2017 15:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26040

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum