STUDI KOMPARASI KANDUNGAN KARBOHIDRAT DAN PROTEIN ANTARA SUSU KAMBING DAN SUSU SAPI (Tinjauan Islam tentang Keutamaan Susu Kambing dalam Riwayat Hadits Nabi SAWJ

RETNO WINDARTI, NIM. 00440246 (2005) STUDI KOMPARASI KANDUNGAN KARBOHIDRAT DAN PROTEIN ANTARA SUSU KAMBING DAN SUSU SAPI (Tinjauan Islam tentang Keutamaan Susu Kambing dalam Riwayat Hadits Nabi SAWJ. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan karbohidrat dan protein yang terdapat pada susu kambing dan susu sapi kemudian membandingkannya. Teknik pengambi1an sampe1 di1akukan secara acak yaitu mengambil susu dari tiga ekor kambing yang sedang laktasi pada lokasi petemakan kambing peranakan etawa di dusun Separang, desa Pagerharjo, kecamatan Samigaluh Ku1onprogo. Sampel susu sapi diambil dari tiga ekor sapi • yang sedang mengalami laktasi di peternakan dusun Srunen, desa Glagah Harjo, kecamatan Cangkringan Sleman. Penentuan kandungan karbohidrat yang terdapat pada susu disajikan dalam bentuk persen berat (% bib) dengan metode graviinetri. Dasar metode ini ada1ah terjadinya reaksi antara gula reduksi dengan garam tembaga. Endapan garam tembaga yang tereduksi yang diperoleh kemudian ditimbang la1u dikonversikan dengan tabel Musnon and Walker untuk mendapatkan berat laktosa, kemudian dengan melalui rumus ditentukan kadar karbohidrat dalam bentuk laktosa. Penentuan kandungan protein yang terdapat dalam susu disajikan dalam bentuk persen berat/volum (% b/v) dengan metode mikro Kjeldahl. Dasar metode ini adalah oksidasi bahan-bahan berkarbon dan konversi nitrogen menjadi amonia. Selanjutnya amonia bereaksi dengan kelebihan asam membentuk amonium sulfat. Larutan dibuat menjadi basa dan amonia diuapkan untuk kemudian diserap dalam larutan asam borat. Nitrogen yang terkandung dalam larutan dapat ditentukan jumlahnya dengan titrasi menggunakan larutan HCl 0,02 N yang telah distandarisasi. Persen Nitrogen yang diperoleh dikalikan faktor perkalian susu untuk mendapatkan kadar protein yang terkandung dalam susu. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa kadar karbohidrat dalam susu kambing adalah 1,3460% ± 0,4391% dan kadar karbohidrat dalam susu sapi adalah 1,0485% ± 0,1589%. Kadar protein dalam susu kambing adalah 4,2478% ± 0,4835 % dan kadar protein dalam susu sapi adalah 2,9617 % ± 0,1527 %. Setelah dianalisis dengan uji t pada taraf signifikansi 5% ternyata kandungan karbohidrat dan kandungan protein antara susu kambing dan susu sapi memberikan beda yang signifikan. Banyak kisah dari hadits yang menceritakan bahwa Nabi SAW dan para sahabatnya minum susu kambing, ternyata hal itu mengandung hikmah tersendiri. Susu kambing ternyata mempunyai banyak keistimewaan, yaitu kandungan ka.rbohidrat dan proteinnya Jebih tinggi serta kaya akan vitamin, sehingga susu kambing dapat memenuhi syarat untuk dikategorikan sebagai bahan makanan yang halal dan thayyib.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Ahmad Arifi, M. Ag
Uncontrolled Keywords: susu kambing, protein hewani, kajian islam
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:42
Last Modified: 10 Jul 2017 04:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26067

Actions (login required)

View Item View Item