ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR SISWA KELAS ll SEMESTER II MAN GANDEKAN BANTUL YOGY AKARTA TAHUN PELAJARAN 2003/2004

SABANI, NIM. 98433771 (2004) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR SISWA KELAS ll SEMESTER II MAN GANDEKAN BANTUL YOGY AKARTA TAHUN PELAJARAN 2003/2004. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV, V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dalam mcnyelesaikan soal program linear siswa kclas U semester U MAN Gandekan Bantu! Yot,>yakarta tahun peta;aran 2003/2004 melakukan kesalahan atau tidak . .lika melakukan kesa1ahan, jenis kesalahan apasaja yang dilakukan oleh siswa kelas II terse but. Penelitian ini mengunakan siswa kelas It semester 1l MAN Gandekan Bantul Yogyakarta sebagai populasi yang terdiri dari 193 siswa dalam 5 kelas. Dari 5 kelas tersebut diambil secara acak 1 kelas yaitu kelas lb sebagai Uji Validitas dan Reliabilitas instrumen penelitian. Scdangkan 4 kelas lainnya yaitu kelas ll1, Ib, 14 dan II5 adalah sebagai sampel dalam penelitian yang sebenarnya dengan jumlah 127 siswa. Adapun penentuan besamya sampel berdasarkan tabel Kreijcie dan Morgan (lihat lampiran). Data yang dikumpulkan diperoleh melalui tes. Tes menggunakan soal uraian yang semtila berjumlah 8 soal tetapi sete1a·h diadakan uji validitas dan reliabilitas ada 1 soal yang gugur yaitu soal nomor 3 dengan koevisien vahditas - 0,20. Analisis data yang digunakan yaitu hasil penyelesaian soal program linear siswa diteliti/dikoreksi, dipisah.kan mana yang benar dan mana yang salah, dan yang salah dipisahkan lagi untuk menentukan tingkat jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas II semester Il MAN Gandekan Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2003/2004 tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas 11 semester II MAN Gandekan Bantu! Yogyakarta Tahun Pelajaran 2003/2004 melakukan kesalahan dala.m menyelesajkan soal program linear, adapun tingkat kesa]ahan yang dilakukan berdasarkan jumlah paling banyak ditemukan dari jenis kesalahan yang ada yaitu kesalahan transformasi, kesalahan perhitungan, kesalahan penyimpulan dan kesalahan pemahaman. Jadi dari jenis kesalahan yang ditemukan kesalahan transfonnasi adalah kesalahan yang paling dominan yang dilakukan oleh siswa kelas 11 Semester II MAN Gandekan Bantul Yogyakarta tahun pelajaran 2003/2004.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pelajaran, pendidikan, program linier
Subjects: Pendidikan Matematika
Tadris
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 10 Jul 2017 12:22
Last Modified: 10 Jul 2017 12:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26070

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum