PANDANGAN IQBAL TENTANG HUBUNGAN TUHAN DENGAN MANUSIA DALAMBUKU THE RECONSTRUCTION OF RELIGIOUS THOUGHT IN ISLAM

ANISATUL UMAMI, NIM. 01510598 (2005) PANDANGAN IQBAL TENTANG HUBUNGAN TUHAN DENGAN MANUSIA DALAMBUKU THE RECONSTRUCTION OF RELIGIOUS THOUGHT IN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PANDANGAN IQBAL TENTANG HUBUNGAN TUHAN DENGAN MANUSIA DALAMBUKU THE RECONSTRUCTION OF RELIGIOUS THOUGHT IN ISLAM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PANDANGAN IQBAL TENTANG HUBUNGAN TUHAN DENGAN MANUSIA DALAMBUKU THE RECONSTRUCTION OF RELIGIOUS THOUGHT IN ISLAM)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Manusia tercipta sebagai makhluk yang unik, dan dari keunikan itulah bermacam-macam aktivitas kemanusiaan bermunculan. Dalam beragamnya aktivitas kemanusiaan tersebut manusia dituntun untuk dapat memilal. dan mendudukkan dirinya sebagai mar usia yang unggul. M:antlsia yang -dapat mengemban amanatnya sebagai khalifah Tuhan di bumi. Dengan menjaGikan se_nua aktifitas kehidupannya sebagai materi yang dengannya Tuhan ingin membawa mereka untuk bekerja sekaligus mengabdikan dirinya kepada Khaliqnya. Mengerti akan posisi pijakan yang harus dijalankannya dalam kehidupan adalah aspek mendalam yang harus dipahami, serta mengetahui akan perwujudannya di bumi sebagai pengemban amanat Tuhan - harus dikedepankannya. Untuk men;;en.i akan makna kehadirannya di umj ini, Tuhan membeimbing manusia dengan berbagai ajaran yang dariny& dijadikan tuntunan dalam keseharian mereka. Sedikitnya pengertian manusia aka-'1 makna kehadirannya di bumi ini dikupas oleh Iqbal kepada mereka untuk rr.enjadikan Tuhan sesuatu yang bersifat ''Ego" yang tidak memiliki ego-ego laill yang terman.ifestasikan dalam diri manusia. Dalam buku The Reconstruction of Religious Thought in Islcrm karya Muhammad Iqbal penulis melihat bahwa di dalamnya terdapat beberapa pembahasan yang keseluruhannya tidak lain untuk membawa mar.usia ke jalan pemahaman akan makna Tuhan sebagai "Ego Mutlak" dengan tidak mengesampingkan bahwa manusia adalah bagian dari ego-ego mutlak yang telah dianugerahkan Tuhan kepada manusia. Untuk menganalisa buku ini penulis menggunakru.1 beberapa metode di antaranya: induksi, metode ini akan menjadi pendahulu penulis untuk melakukan pembacaan secara mendalam terhadap buku The Reconstruction of J?:eligious Thought in Islam sehingga d apat: diketemukanlah lnti dari isi buku tersebut. Metode selanjutnya Deduksi, metode ini diambil untuk melihat visi meuyeluruh dari buku, dilanjutkan dengan metode bahasa inklusif dan analogal yaitu dengan mengikuti bahasa buku yang ada dengan da ar pertimbangan bany&knya isi buku yang berupa prosa dan puisi. Untuk pendekatan penulis dalam analisanya, penulis akan menggunakan pendekatannya secara filosofis. Dasar pemikiran yang menjadi pembahasan Iqbal dalam buk,mya The Reconstruction of Religious Thought in Islam, tentang hubungan Tuhnn dengan manusia menggambarkan suatu pola hubungan dinamis dengan mengajalc para pembaca mengerti bahwa Tuhan bukanlah Realitas yang kaku yang senantiasa membutuhkan penyembahan yang ambigu terhadap diri-Nya. Akan tetapi. Tuhan dalam realitas keseharian manusia berada di antara mereka, menemani, mengayomi, serta memotivasi manusia untuk giat dalam menggarap semua ladar1g amalnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Fatimah, MA., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Hubungan Tuhan dengan manusia, Iqbal
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah Filsafat (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Jul 2017 06:23
Last Modified: 10 Jul 2017 06:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26071

Actions (login required)

View Item View Item