OPTIMALISASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK OLEH WANITA KARIR DI DESA ARGOMULYO KECAMATAN CANGKRINGAN SLEMAN

SISKA SARTIKA, NIM. 99414194 (2005) OPTIMALISASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK OLEH WANITA KARIR DI DESA ARGOMULYO KECAMATAN CANGKRINGAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

SISKA SARTIKA. Optimalisasi Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam bagi Anak oleh Wanita Karir di Desa Argomulyo Kecamatan Cangkringan Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menambah wawasan tentang pelaksanaan P AI bagi anak yang dilakukan oleh wanita karir di desa Argomulyo Cangkringan Sleman serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Disamping itu, penelitian ini bermaksud menganalisis usaha-usaha yang dilakukan oleh wanita karir di desa Argomulyo Cangkringan Sleman sebagai upaya optimalisasi dalam pelaksanaan P AI bagi anak Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambillatar wanita karir di desa Argomulyo Cangkringan Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan termasuk data kuantitatif, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan PAl bagi anak yang dilakukan oleh wanita karir di desa Argomulyo Cangkringan Sleman bertujuan agar supaya anak-anak tersebut memiliki pengetahuan agama Islam yang cuk:up dan memiliki pegangan dalam hidupnya, sehingga menjadi anak yang shaleh, menjadi anak yang berbakti pada orangtua, bisa memahami dan mengamalkan ajaran agama dalam masyarakat. Untuk mewujudkan tujuan tersebut metode yang digunakan antara lain: metode dialog, metode rekreasi , dan metode pembiasaan. Selain itu, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologis dan pendekatan knltural. 2) Faktor pendukung dalam peiaksanaan P AI bagi anak antara lain : kegiatan keagamaan yang diselengarakan masy~rakat, media cetak dan elektronik, pergaulan anak, dan adanya komunikasi yang intensif antara anak dan ibu. Sedangkan faktor penghambat diantaranya adalah : keija yang berlebih--lebihan, faktor ekonomi keluarga, faktor lingkungan masyarakat yang tidak kondusif, dan faktor kurangnya fasilitas pembelajaran anak di rumah. 3) Usaha-usaha yang dilakukan oleh wanita karir di desa Argomulyo Cangkringan Sleman sebagai upaya optimalisasi pelaksanaan P AI bagi anak antara lain: mengontrol bacaan-bacaan anak, melakukan kontrol terhadap ternan sepermainan anak, melakukan pendampingan saat anak sedang belajar, mengikutsertakan anak dalam kegiatan keagamaan, menjalin komunikasi yang harmonis pada anak dan memberikan teladan baik bagi anak, aktif mengikuti kegiatan pengajian, dan menyediakan fasilitas pembelajaran dirumah. Sehingga dapat dtsimpulkan bahwa usaha-usaha yang dilakukan wanita karir dalam pelaksanaan PAI bagi anak adalah sangat optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: R. Umi Baroroh, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: pendidikan optimal, islam, cangkringan
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 10 Jul 2017 14:00
Last Modified: 14 Jul 2017 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26080

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum