PENGAJARAN BAHASA ARAB (READING SKILL) DI ISLAMIC LAB SCHOOL PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA

Ari Tristianto, NIM. 01420956 (2006) PENGAJARAN BAHASA ARAB (READING SKILL) DI ISLAMIC LAB SCHOOL PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGAJARAN BAHASA ARAB (READING SKILL) DI ISLAMIC LAB SCHOOL PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGAJARAN BAHASA ARAB (READING SKILL) DI ISLAMIC LAB SCHOOL PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ARI TRISTIANTO. Pengajaran Bahasa Arab (Reading Skill) Di Islamic Lab School Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode pengajaran bahasa arab khususnya membaca (reading skill) di Islamic Lab School Y ogyakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I sampai dengan kelas VI yang berjumlah 58 siswa. Karena kurang dari 100 siswa maka penulis tidak menggunakan sample dan seluruh siswa penulis jadikan populasi atau obyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan meng~:,>unakan metode observasi. interview, dokumentasi dan angket. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan mengembangkan cara berfikir induktif dan deduktif Hasil dari penelitian ini antara lain peng~jaran bahasa arab diajarkan dari kelas J sampai kelas VI berdasarkan kurikulum yang dipadukan antara kurikulum Depag dan pesantren. Sedangkan metode yang digunakan guru bahasa arab di Islamic Lab School adalah: pertama metode tarkibiyah yang diterapkan pada kelas I dan II, dalam metode ini guru mengajar bahasa arab dengan dua cara (I ) abjadiyah (2) shutiyah. Kedua metode tahliliyah yang diterapkan pada kelas I11 dan IV. Dalam metode ini guru mengajarkan bahasa arab dengan dua cara (I) suku kata (2) Jumlah. Ketiga adalah metode taulifiyah yang diterapkan pada kelas V dan VI. Dalam hal ini guru mengajarkan bahasa arab dengan menggabungkan antara metode tarkibiyah dan tahliliyah. Selain kajian metode yang merupakan main point dalam penehtian ini peneliti juga melengkapi analisis datanya dengan berbagai hal terkait dengan proses pengajaran bahasa arab seperti, kompetensi guru bahasa arab, keadaan siswa, materi pelajaran, lingkungan pendidikan dan problematikan pengajaran yang ada di Islamic Lab School Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. HA. Janan Asyifudin, MA 2. Drs. Dudung Hamdun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: bahasa Arab, pengajaran
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Jul 2017 16:31
Last Modified: 14 Jul 2017 16:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26082

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum