PREFERENSI PEMBELI DALAM JUAL BELI TEBASAN PADI DI DESA PANDOWAN GALUR KULON PROGO YOGYAKARTA (DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM)

NUNUK SUGIARTI, NIM.02381569-00 (2005) PREFERENSI PEMBELI DALAM JUAL BELI TEBASAN PADI DI DESA PANDOWAN GALUR KULON PROGO YOGYAKARTA (DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PREFERENSI PEMBELI DALAM JUAL BELI TEBASAN PADI DI DESA PANDOWAN GALUR KULON PROGO YOGYAKARTA (DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM))
BAB I, V, DP.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PREFERENSI PEMBELI DALAM JUAL BELI TEBASAN PADI DI DESA PANDOWAN GALUR KULON PROGO YOGYAKARTA (DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (13MB)

Abstract

Masyarakat desa Pandowan Galur Kuloll Progo Yogyakarta mayoritas bennata pencaharian sebagai petani. Padi merupakan komoditas utama sebagai penghasilan mereka yang didukung oleh lfomoditas lain seperti palawija. Sudah menjadi tradisi yakni menjual panen padi kepada sesama petani yang berprofesi sebagai penebas yang masih berada di lingkungan desanya. Padahal ketika musim panen riba, hilir mudik pembeli dari berbagai daerah mencoba masuk dengan maksud untuk membeli padi di Q.esa tersebut. Tetapi pembeli yang berasal dari desa setempat menjadi preferensi untuk membeli padi para petani di desanya, walaupun pada umumnya pembeli pendatang menawarkan harga yang sedikit lebih tinggi dari pembeh setempat. Karena itulah penulis mengangkat pennasalahan preferensi pembeli dalam jual beli tebasan padi . Karena yang diangkat adaJah bersumber dari lapangan, maka yang pasti jenis penelitian ini adalah field research (penebtian l:ipangan) dengan cara observasi , interview dan dokwnentasi. Hasil penelitian tersebut diolah melalui deskripti./ analitik yaitu dengan cara menggambarkan dan menguraikan secara sistematis materi-materi pembahasan dari berbagai swnber kemudian dianalisa untuk memperoleh hasil pcnelitian. Pendekatan yang diambil penyusun adalah normatif yaitu berdasarkan teori-teori dan konsep-konsep hukum Islam. Hal ini dilakukan karena dalam penelitian tersebut dihubungkan dengan instrumen hukum Islam . Dari penelitian yang telah penyusun peroleh ternyata preferensi pembeli dalam jual beli tebasan padi di desa Pandowan, Galur, Kulon Progo dapat dimasukkan dalam kerangka jual beli syufah. Diperbolehkannya syujah dalam !slam merupakan solusi Islam atas berbagai pcrmasalahan sosial menyangkut pemenuhan barang dan kebutuhan lain . Setelah ditelusuri temyata preferensi pembeli dalam jual beli tebasan padi ini sesuai dengan hikmah diturunkannya syari 'at agama [slam yaitu menciptakan kemaslahatan dan kemakmuran yang didambakan setiap orang. Hal ini sesuai dengan kaidah usul fiqh yaitu "al-ta 'yinu bil urfi ka ta 'y. ini bin nash" yaitu sesuatu yang ma'ruf pada 'urf sama dengan sesuatu yang disyaratkan pada nash.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Kamsi, MA. NIP.150231541
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: S.kom Fatchul Hijrih
Date Deposited: 10 Jul 2017 07:19
Last Modified: 10 Jul 2017 07:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26088

Actions (login required)

View Item View Item