PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMANFAATAN WAKTU LUANG TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2004/2005

SITI KHALIMAH, NIM. 99434311 (2005) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMANFAATAN WAKTU LUANG TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2004/2005. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari kemandirian belajar dan pemanfaatan waktu luang, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas II SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta tahun pelajaran 2004/2005. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SMP Muhammadiyah 9 Y ogyakarta tahun pelajaran 2004/2005 sejwnlah 99 siswa. T eknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan 2 instrumen yaitu metode angket dan tes. Analisis data yang diguriakan adalah analisis deskriptif, korelasi, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Ada pengaruh dari kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika, dengan koefesien korelasi sebesar 0,370 dan persamaan regresi yang diperoleh Y= 5,587371 + 0,121423X1. 2. Ada pengaruh dari pemanfaatan waktu luang terhadap prestasi belajar matematika, dengan koefesien korelasi sebesar 0,341 dan persamaan regresi yang diperoleh i= 4,739710 + 0,136989X2. 3. Ada pengaruh dari kemandirian belajar dan pemanfaatan waktu luang terhadap prestasi belajar matematika, dengan koefesien korelasi sebesar 0,479 dan persamaan regresi yang diperoleh Y= -6.002332 + 0,110774X1 + 0,122556X2 . 4. Besarnya pengaruh sumbangan relatif dari variabel X1 = 54.573% dan variabel ~ = 45,427%. Sedangkan sumbangan efektif dari variabel X1= 12,512%. dan variabel ~= 10,415%. Vlll

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Sedya Santosa,SS., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: belajar mandiri, pengaruh anak, daya serap anak
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 10 Jul 2017 14:34
Last Modified: 14 Jul 2017 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26096

Actions (login required)

View Item View Item