KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS PAULO FREIRE DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

Arwanul Mahyum, NIM.99414297 (2006) KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS PAULO FREIRE DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS PAULO FREIRE DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS PAULO FREIRE DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Arwanul Mabyum. Konsep Pendidikan Humanis Paulo Freire dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam. Skripsi. Y ogyakarta : Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan humanis Paulo Freire, serta untuk mengetahui relevansinya dengan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan filosofis dan metode content analysist. Pendekatan ini digunakan untuk menjelaskan tentang segi-segi filsafat konsep pendidikan humanis Freire dan relevansinya dengan pendidikan Islam. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan literasi yang berkenaan langsung dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan humanis Paulo Freire terbagi menjadi tiga tema besar. Pertama : konsep manusia menurut Freire adalah manusia secara ontologis adalah subyek kreatif yang mengada bersama dunia yang dengan akal dan kesadarannya menghasilkan sejarah. Kedua : pendidikan pembebasan Freire berintikan konsientisasi yang praksisnya melalui tiga tahapan yaitu alfabetisasi, kodifikasi dan dekodifikasi. Ketiga : konsep dialog menurut Paulo Freire adalah praksis yang mengadung adanya retleksi dan aksi . Adapun relevansi konsep pendidikan humanis Paulo Freire dengan pendidikan Islam terbagi menjadi tiga kategori yaitu pertama : manusia menurut pendidikan Islam adalah subyek yang mempunyai fungsi sebagai khalifah dan hamba Tuhan Kedua : konsep pendidikan pembebasan menurut pendidikan Islam adalah didasarkan pada falsafah dasar Iqra'. Ketiga : konsep musyawarah dalam pendidikan Islam mempunyai kesamaan dengan konsep dialog Freire dan konsep jihad juga satu semangat dengan konsep praksis dalam pendidikan humanisnya Paulo Freire.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. Karwadi, S.Ag., M.Ag. 2. Drs. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pendidikan humanis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Jul 2017 13:15
Last Modified: 14 Jul 2017 13:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26102

Actions (login required)

View Item View Item