ANALlSIS KADAR PROTEIN HASIL FERMENTASI KEDELAI (Glycine Soja) HIT AM DAN KEDELAI KUNING SEBAGAI ALTERN A TIF SUMBER BELAJAR KIMIA SMAIMA KELAS XII

YUYUN RIKHANA SOVIE, NIM. 00440273 (2006) ANALlSIS KADAR PROTEIN HASIL FERMENTASI KEDELAI (Glycine Soja) HIT AM DAN KEDELAI KUNING SEBAGAI ALTERN A TIF SUMBER BELAJAR KIMIA SMAIMA KELAS XII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi kedelai dan waktu fermentasi terhadap perolehan kadar protein N total pada proses fermentasi kedelai. Setelah dilakuk:an seleksi dan modifikasi terbadap basil penelitian, dibarapkan basil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar kimia di SMAIMA Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kedelai, sedangkan sampelnya adalah kedelai bitam dan kedelai kuning. Masing-masing kedelai ini difennentasikan selama 0, 1, 2, 3, 4, dan 5 bari. Analisis kadar protein dilakukan dengan metode Mikro Kjeldabl. Metode ini menganalisa protein dengan menentukan jumlah N total. Amonia yang terbentuk ditangkap oleb asam borat, kemudian dititrasi dengan larutan standar HCI. Teknik analisis data peneltian ini menggunakan Analisis Varian (ANAYA) K.lasifikasi Ganda. Jika menunjukkan beda nyata dilanjutkan dengan uji DMRT (Ducan Multiple Range Test) Hasil penelitian menunjukkan, bahwa variasi kedelai dan waktu fermentasi memberikan pengarub nyata Frutung (12,18) > Ftabei (2,40) pada taraf 5 % terbadap peroleban kadar protein. Kadar protein dinyatakan dalam % (b/v) yaitu mgram protein per cairan basil fermentasi. Kadar protein paling banyak dari fermentasi kedelai bitam diperoleb pada bari ke-4 sebesar 23,19% b/v, sedangkan kedelai kuning pada hari ke-2 sebesar 24,79 % b/v. Hasil seleksi dan modifikasi terhadap basil penelitian berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006, basil p\)nelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber belajar kimia SMUIMA kelas XII semester 2 pada Materi Pokok Makromolekul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Eddy Sulistyowati, Apt.,M.s
Uncontrolled Keywords: protein, kedelai, smnber belajar.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 10 Jul 2017 15:03
Last Modified: 14 Jul 2017 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26107

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum