TINJAUAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN TERHADAP BUKU

NUR HASAN NIM: 01410784, (2009) TINJAUAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN TERHADAP BUKU. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN TERHADAP BUKU “40 STRATEGI PEMBELAJARAN RASULULLAH” KARYA ABD AL-FATTAH ABU GHUDDAH )
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah minimnya literatur tentang strategi pendidikan yang bersumber pada hadits dan upaya integrasi kandungan literatur tersebut dengan ilmu yang berkembang belakangan. Dampaknya adalah masih adanya pola pembelajaran yang terjebak pada dikotomi ilmu umum dan ilmu agama. Oleh karena terdapat buku “40 Strategi Pembelajaran Rasulullah†karya Abd al-Fattah Abu Ghuddah, maka perlu adanya penelitian untuk mengungkapkan kesamaan, perbedaan, dan perbandingan antara teori strategi pembelajaran yang bersumber dari buku tersebut dan sumber penelitian ilmiah Barat. Yang belum diketahui dan menjadi permasalahan adalah apa saja bentuk strategi pembelajaran Rasulullah, apa saja faktor penentu efektifitas pembelajaran Rasulullah, dan bagaimana psikologi pendidikan melihat strategi pembelajaran yang terdapat dalam buku “40 Strategi Pembelajaran Rasulullah†karya Abd al-Fattah Abu Ghuddah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa tentang strategi pembelajaran Rasulullah yang terdapat pada buku quot;40 Strategi Pembelajaran Rasulullah quot; dalam tinjauan psikologi pendidikan. Jenis penelitian ini adalah library research, dengan objek kajian strategi pembelajaran yang terkandung dalam buku â€Â40 Srategi Pembelajaran Rasulullah†karya Abd al-Fattah Abu Ghuddah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi, yaitu psikologi yang berpandangan bahwa manusia lahir dengan potensi bawaan yang unik dimana potensi itu belum diketahui semua dan belum dikembangkan seluruhnya. Dalam pandangan ini, tingkah laku manusia ditentukan oleh manusia itu sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode dokumentasi yaitu mencari data berupa catatan atau tulisan, buku, surat kabar, majalah dan lain sebagainya. Untuk menganalisa data, digunakan content analysis atau analisis isi. Teknik ini digunakan untuk menarik kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan dan dilakukan secara obyektif dan sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran Rasulullah dalam buku “40 Strategi Pembelajaran Rasulullah†karya Abu Ghuddah dapat dipetakan dalam tiga hal, yaitu lima faktor penentu efektifitas pembelajaran rasulullah, tujuh metode pembelajaran Rasulullah dan 25 teknik pengajaran Rasulullah. 2) Faktor penentu efektifitas pembelajaran Rasulullah ada lima, yaitu pertimbangan Rasulullah untuk memperhatikan a) tahapan materi dalam mengajar, b) situasi dan kondisi peserta didik, c) kemampuan peserta didik, d) waktu pembelajaran, dan gender. 3) Sedangkan Metode dan teknik pembelajaran Rasulullah secara psikologis dilakukan secara aktif dan dan berangkat dari pendekatan yang mengakuisisi keadaan peserta didik atau dengan bahasa lain, dilakukan secara humanis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Hj. Susilaningsih M.A.
Uncontrolled Keywords: Psikologi pendidikan, strategi pembelajaran.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2012 14:33
Last Modified: 13 Aug 2012 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2611

Actions (login required)

View Item View Item