EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA (PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG)

ISNURWATI, NIM. 01430825 (2006) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA (PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MA TEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA (PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MA TEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA (PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan alat peraga sebagai media pembelajaran Matematika Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Yogyakarta pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung lebih efektif dari pada pembelajaran Matematika pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung dengan tanpa menggunakan alat peraga. Siswa kelas Vill SMP Negeri I Yogyakarta terdiri dari enam kelas, sehingga penelitian ini merupakan penelitian sampel karena subyek penelitiannya mengambil dua kela aja, yaitu Siswa kelas VTII-D sebagai kelas kontrol dan Siswa kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen. Pengambilan kelas tersebut dilakukan dengan cara diundi. Adapun pengambilan datanya dengan menggunakan metode tes, observasi dan angket. Butir oal dan angket yang merupakan instrurnen dalarn penelitian ini harus diuji validitas dan reliabelitasnya terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mengambil data penelitian agar jelas bahwa instrumen tersebut cukup ajeg dan aik digunakan untuk memperoleh data penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif deskriptif dengan disertai analisis uji-t. Analisis uji-t digunakan untuk mengetahui perbedaan dari kedua sampel penelitian setelah masing-masing kelompok diberi perlakuan yang berbeda. Uji-t dilakukan setelah data yang akan digunakan dalam penelitian tersebut sudah melalui dua uji, yaitu uji homogenitas dan uji normalitas. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa data yang dipakai dalam penelitian sudah bersifat homogen dan relatif sejenis serta sudah berdistribusi normal. Untuk mengetahui kelas yang lebih efektif, maka dilakukan pengujian gain skor antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan analisis uji-t. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa harga thit lebih kecil dari – t tab , yaitu -2,336-2,000. Hal itu berarti penggunaan alat peraga dalam pembelajaran Matematika pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung lebih efektif dari pada pembelajaran Matematika dengan tanpa menggunakan alat peraga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Sugiyono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Alat Peraga, Media Pembelajaran, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Jul 2017 08:16
Last Modified: 10 Jul 2017 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26110

Actions (login required)

View Item View Item