IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS, SIKAP DAN PENGUASAAN KONSEP IPA (FISIKA) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NOGOPURO TAHUN PELAJARAN 2005/2006

ASMAWATI, NIM: 01460877 (2006) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS, SIKAP DAN PENGUASAAN KONSEP IPA (FISIKA) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NOGOPURO TAHUN PELAJARAN 2005/2006. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS, SIKAP DAN PENGUASAAN KONSEP IPA (FISIKA) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NOGOPURO TAHUN PELAJARAN 2005/2006)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS, SIKAP DAN PENGUASAAN KONSEP IPA (FISIKA) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NOGOPURO TAHUN PELAJARAN 2005/2006)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan penerapan pendekatan pembelajaran model Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk meningkatkan kreativitas, sikap dan penguasaan konsep IPA (Fisika) serta perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada pembelajaran IPA (Fisika) di SO Negeri Nogopuro Gowok. Metode pembelajaran yang dikembangkan yaitu model STM dan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Rencana Pembelajaran (RP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Lembar evaluasi, tes dan angket. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian tindakan kelas. Penclitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitianya adalah siswa kelas V SD Negeri Nogopuro Gowok Desa Catur Tunggal Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2005/2006 yang berjumlah 41 siswa. Penelitian dilakukan dengan mengembangkan perangkat pembelajaran dengan LKS yang didasarkan pada model STM. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif divalidasi lewat model triangulasi dan data kuantitatif dikumpulkan dengan tes. Hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran STM yang dimodifikasi dengan kegiatan percobaan yang digunakan berhasil meningkatkan aktivitas siswa selama pembelajaran. Hasil belajar atau penguasaan konsep IPA (Fisika) siswa menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklusnya, ketrampilan proses yang meliputi bertanya, berpendapat/menjawab dan menyanggah pendapat siswa lain juga mengalami peningkatan. Aktivitas belajar yang meningkat menjadikan kreativitas siswa pun meningkat. Pembelajaran model STM menimbulkan sikap positif terhadap guru dan mata pelajaran IPA (Fisika). Siswa merasa senang dan antusias selama pembelajaran dan guru merasa terbantu dalam mengembangkan metode pembelajaran IPA (Fisika) di kelas. Kutu kzmci : Model Sains Teknologi Masyarakat (STM), kreativitas, sikap, penguasaan konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. Prof. Drs. Suparwoto, M.Pd. 2. Drs. Murtono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: sains teknologi, pembelajaran, model
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Sains
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Jul 2017 01:09
Last Modified: 11 Jul 2017 01:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26115

Actions (login required)

View Item View Item