PENGARUH PEMBERIAN KOMPOS AZOLLA TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KANGKUNG DARAT (Ipomoea replans Poir) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI MA

ASNI FURAIDA, NIM. 01450792 (2006) PENGARUH PEMBERIAN KOMPOS AZOLLA TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KANGKUNG DARAT (Ipomoea replans Poir) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI MA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBERIAN KOMPOS AZOLLA TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KANGKUNG DARAT (Ipomoea replans Poir) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI MA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBERIAN KOMPOS AZOLLA TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KANGKUNG DARAT (Ipomoea replans Poir) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI MA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis kompos azolla yang berpengaruh paling baik terhadap pertumbuhan tanaman kangkung darat (Ipomoea Replans Poir). Selain itu juga untuk mengetahui dapat tidaknya hasil penelitian ini dimanfaatkan sebagai sumber belajar biologi sub pokok bahasan keseimbangan lingkungan di MA. Penelitian meliputi satu faktor yaitu dosis kompos Azolla dengan 4 taraf (0 kg/m2 , 0,25 kg/m2 , 0,50 kg/m2 , 0,75 kglm\ Rancangan yang digunakan adalah rancangan eksperimen dengan pola rancangan acak lengkap (RAL) yang masingmasing perlakuan diulang 3 kali. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan kriteria tanaman yang berada di tengah petak. Kompos Azolla yang digunakan berasal dari budidaya di laboratorium Mikrobiologi Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Penelitian dilakukan di areal persawahan desa Klapasawit. Pengambilan data dilakukan mulai minggu ke 2, 3, 4 dan 5 untuk parameter tinggi tanaman, dan jumlah daun. Parameter bobot basah tanaman dilakukan pada minggu ke 5. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis varian pola rancangan acak lengkap, dan dilanjutkan dengan uji DMRT. Berdasarkan basil analisis varian, diketahui bahwa variasi dosis kompos azolla berpengaruh nyata (p < 0,05) terhadap pertumbuhan tanaman kangkung darat (Ipomoea Reptans Poir) dengan parameter tinggi tanaman, jumlah daun, serta bobot. basah tanaman. Dari uji DMRT, diketahui bahwa variasi dosis kompos azolla berpengaruh sangat nyata (p < 0,05) terhadap pertumbuhan tanaman kangkung darat (Ipomoea Replans Poir). Dosis kompos Azolla yang paling baik untuk pertumbuhan tanaman kangkung darat adalah dosis 0,50 kg/m2 . Proses dan hasil penelitian yang diperoleh dapat dimanfaatkan sebagai altematif sumber belajar biologi di MA dalam bentuk diskusi dan percobaan. Kata kunci : Kompos azolla, kangkung darat, pertumbuhan, sumber belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. Paidi, M.Si. 2. Arifah Khusnuryani, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kompos azolla, kangkung darat, pertumbuhan, sumber belajar
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Jul 2017 08:14
Last Modified: 11 Jul 2017 08:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26117

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum