KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SISWI SMP IT IHSANUL FIKRI PABELAN KABUPATEN MAGELANG YANG BERASAL DARI MI DAN SD

AS’ADIYAH NIM: 04410723, (2009) KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SISWI SMP IT IHSANUL FIKRI PABELAN KABUPATEN MAGELANG YANG BERASAL DARI MI DAN SD. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SISWI SMP IT IHSANUL FIKRI PABELAN KABUPATEN MAGELANG YANG BERASAL DARI MI DAN SD)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SISWI SMP IT IHSANUL FIKRI PABELAN KABUPATEN MAGELANG YANG BERASAL DARI MI DAN SD)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (219kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui adakah perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa siswi membaca Al-Qur’an yang berasal dari MI dan SD di SMP IT Ihsanul Fikri Pabelan (2) Mengetahui faktor atau kendala apa saja yang mempengaruhi proses belajar mengajar Al-Qur’an di SMP IT Ihsanul Fikri Pabelan Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP IT Ihsanul Fikri Pabelan Kabupaten Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Triangulasi sumber (mengamati data hasil pengamatan dengan hasil wawancara). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an Siswa Siswi SMP IT Ihsanul Fikri Pabelan Kabupaten Magelang yang berasal dari MI lebih tinggi kemampuan membaca Al-Qur’an dibandingkan dengan siswa siswi yang berasal dari SD, karena di MI sudah diajarkan mata pelajaran yang mendukung kemampuan siswa didalam membaca Al-Qur’an, sedangkan di SD mata pelajaran Al-Qur’an tidak diajarkan secara khusus, tentunya sangat kurang mengajarkan siswa dalam membaca Al-Qur’an. (2) Faktor pendukung kemampuan membaca Al-Qur’an adalah letak sekolah, kesadaran guru yang tinggi dalam mengajar, motivasi dari orang tua siswa, sarana dan prasarana yang tersedia. Sedangkan faktor penghambatnya adalah dari segi jumlah siswa yang kurang seimbang antara guru yang mengampu hanya 2 orang, dan waktu yang tersedia terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Hj,Marhumah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Membaca, Al-Qur'an, Siswa, Siswi, SMP IT Ihsanul Fikri Pabelan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 09 Aug 2012 11:08
Last Modified: 07 Aug 2017 04:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2613

Actions (login required)

View Item View Item