PERILAKU KEBERAGAMAAN ANGGOTA SATUAN POLISI SEKTOR BANJARHARJA KABUPATEN BREBES JAWA TENGAH (Suatu Pendekatan Psikologi Agama)

NUR AISAH, NIM.99522958 (2005) PERILAKU KEBERAGAMAAN ANGGOTA SATUAN POLISI SEKTOR BANJARHARJA KABUPATEN BREBES JAWA TENGAH (Suatu Pendekatan Psikologi Agama). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERILAKU KEBERAGAMAAN ANGGOTA SATUAN POLISI SEKTOR BANJARHARJA KABUPATEN BREBES JAWA TENGAH (Suatu Pendekatan Psikologi Agama))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERILAKU KEBERAGAMAAN ANGGOTA SATUAN POLISI SEKTOR BANJARHARJA KABUPATEN BREBES JAWA TENGAH (Suatu Pendekatan Psikologi Agama))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan fenomena perilaku keberagamaan anggota satuan polisi sektor Banjarharja Kabupaten Brebes suatu pendekatan psikologi agama, dengan tujuan untuk menguak sisi-sisi keTuhanan/baik anggota satuan polisi sektor Banjarharja dengan mengetahui perilaku keberagamaannya melalui dimensi-dimensi keberagamaan serta implementasi ajaran agama dalam melaksanakan tugas sebagai aparat. Ada dua pennasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini, yaitu; bagaimana perilaku keberagamaan anggota satuan polisi sektor Banjarharja yang meliputi dimensi ideologi, ritual, intelektual dan eksperiensial, serta bagaimana implementasi perilaku keberagamaan tersebut terhadap tugasnya sebagai aparat Negara . Untuk memperoleh jawabannya peneliti melakukan penelitian lapangan. Sedangkan untuk menggali data-data, peneliti melakukan observasi, dan wawancara mendalam, didukung dengan penyebaran angket serta dokumen-dokumen yang berkaitan dengan masalah tersebut. Data­ data kemudian peneliti analisis secara deskriptif, sedangkan untuk angketnya peneliti sajikan melalui tabel frekuensi. Hasil penelitian ditemukan bahwa secara umum anggota satuan polisi sektor Banjarharja mempunyai sikap keberagamaan yang baik. Hal itu ditunjukkan dari dimensi-dimensi keberagamaan yang memuat dimensi ideologi, ritual, eksperiensial, intelektual dan konsekuensial. Dari kelima dimensi tersebut diperoleh mengenai bagaimana perilaku keberagamaannya, yang dilihat dari dimensi _ ritual dan konsekuensial, sedangkan tiga dimensi lainnya sebagai pendukung. Dimensi ritual menunjukkan perilaku keberagamaan yang berkaitan langsung dengan Tuhan seperti shalat, zakat, puasa, haji, korban, membaca al Quran dan lain-lain. Dari kesemuanya itu subjek melakukannya dengan semaksimal mungkin sesuai dengan kapasitas masing-masing. Sedangkan perilaku keberagamaan yang berkaitan dengan tugasnya sebagai abdi negara dan masyarakat terlihat dari dimensi konsekuensial, yang menunjukkan bahwa subjek telah melakukan pemberantasan tindak kejahatan dan kriminal sebagai wujud tugas dan tanggungjawab sebagai abdi negara dan masyarakat, sekaligus menjalankan perintah Tuhan untuk melawan kemunkaran baik itu yang subjek sadari maupun tidak disadari. Seperti menangkap pencuri, menggerebek perjudian, memberantas miras dan Jain-lain. Selain itu subjek juga tidak melupakan bahwa dirinya merupakan bagian dari masyarakat. Oleh karena itu subjek juga tidak segan-segan membantu tetangga dan orang-orang yang membutuhkan bantuannya, baik berupa materi maupun nonmateri'. Hal ini menunjukkan bahwa subjek mempunyai kepekaan sosial yang baik, disadari atau tidak subyek telah menjalankan sisi-sisi keTuhanannya (sifat-sifat baik) dan kemanusiaannya. Meskipun disadari sepenuhnya, bahwa subjek hanyalah manusia biasa yang tidak akan pernah luput dari kesalahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sekar Ayu Aryani, MA NIP.150232692
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 11 Jul 2017 09:38
Last Modified: 11 Jul 2017 09:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26130

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum