PENDEKATAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X (SEPULUH) MADRASAH ALIYAH AL-ANWAR PACUL GOWANG JOMBANG JAWA TIMUR

ADANG SEPTI LIBRIANTO NIM. 02421433, (2009) PENDEKATAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X (SEPULUH) MADRASAH ALIYAH AL-ANWAR PACUL GOWANG JOMBANG JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENDEKATAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X (SEPULUH) MADRASAH ALIYAH AL-ANWAR PACUL GOWANG JOMBANG JAWA TIMUR)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDEKATAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X (SEPULUH) MADRASAH ALIYAH AL-ANWAR PACUL GOWANG JOMBANG JAWA TIMUR)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (212kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendekatan kecerdasan emosional dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah al- Anwar Pacul Gowang Jombang serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan psikologis. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X (sepuluh) MA al-Anwar Pacul Gowang yang berjumlah 148 siswa yang terbagi dalam tiga kelas paralel sedang untuk setting penelitian dipilih kelas Xa yang berjumlah 50 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, interwiew, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di MA al-Anwar Pacul Gowang telah mencerminkan penerapan pendekatan kecerdasan emosional. Bentuk pelaksanaanya yaitu (1) Pengelolaan kelas yang meliputi menanamkan rasa optimisme dan memotivasi siswa, memberikan penghargaan dan hukuman, menghadirkan suasana rileks, menangani gangguan yang terjadi di kelas. (2) kegiatan pengajaran yang meliputi menarik perhatian dan minat siswa dan melibatkan siswa secara aktif. Faktor-faktor yang mendukung dalam pelaksanaan ini adalah adanya pelajaran-pelajaran kitab yang berbahasa Arab dan tempat tinggal siswa yang hampir 50% tinggal di pesantren, sedang faktor penghambatnya diantaranya kurangnya alokasi waktu, jumlah siswa yang terlalu banyak dan kurangnya fariasi guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Adzfar Ammar, MA.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan, Kecerdasan, Emosional, Pembelajaran, Bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 09 Aug 2012 14:50
Last Modified: 03 Apr 2017 02:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2614

Actions (login required)

View Item View Item