PENERAPAN METODE PEMBIASAAN PADA LINGKUNGAN KELUARGA DALAM MENDIDIK KEAGAMAAN ANAK USIA 6-12 TAHUN DI DUKUH NGARAN MLESE CEPER KLATEN

KHOIRUL ANAM, NIM. 0141 0845 (2006) PENERAPAN METODE PEMBIASAAN PADA LINGKUNGAN KELUARGA DALAM MENDIDIK KEAGAMAAN ANAK USIA 6-12 TAHUN DI DUKUH NGARAN MLESE CEPER KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE PEMBIASAAN PADA LINGKUNGAN KELUARGA DALAM MENDIDIK KEAGAMAAN ANAK USIA 6-12 TAHUN DI DUKUH NGARAN MLESE CEPER KLATEN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE PEMBIASAAN PADA LINGKUNGAN KELUARGA DALAM MENDIDIK KEAGAMAAN ANAK USIA 6-12 TAHUN DI DUKUH NGARAN MLESE CEPER KLATEN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang proses penerapan metode pembiasaan pada lingkungan keluarga dalam mendidik religiositas anak di Dukuh Ngaran, ditinjau dari metode pembiasaan dan basil yang dicapai serta faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dialami selama ini. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan sumbangan saran dan pemikiran dari proses penerapan metode pembiasaan pada lingkungan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mengambil lokasi di Dukuh Ngaran, Mlese, Ceper, Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi yaitu dengan menggunakan metode ganda, yakni dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: I) Penerapan metode pembiasaan pada lingkungan keluarga dalam mendidik religiositas anak usia 6- 12 tahun dilaksanakan dengan cara memberikan dorongan dan nasehat serta dibutuhkan pula hukuman dan hadiah sebagai sarana penunjang keberhasilan proses p-.:111 biasaau. 2) P..:muiasaau yaug Jilaksauak.u Ji Duk.uh Ngar au 111dipuli; supau santun terhadap orang tua, sholat betjamaah, do 'a sehari-hari dan kebiasaan membaca AI- Qur'an. Dan basil yang ingin dicapai adalah agar anak menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsanya disertai dengan akhlak yang mulia. 3) Faktor pendukung yang dialami adalah: adanya TPA Ar-Ridlwan sebagai sarana pendukung anak dalam memahami agama, perhatian orang tua serta lingkungan yang mendukung proses pembiasaan tersebut. Sedangkan faktor penghambat yang dialami adalah: acara televisi yang yang kian menarik anak kecil, kesibukan orang tua dan faktor lingkungan baik ternan ataupun lingkungan sekitar yang bisa berpengaruh pertumbuhan anak .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. M. S. Projodikoro,
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Lingkungan Keluarga, Mendidik Religiositas Anak Usia 6-12 Tahun.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 Jul 2017 10:45
Last Modified: 11 Jul 2017 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26151

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum