PENGARUH ISLAMIC WORK ETHIC TERHADAP ORGANIZATION CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA PEGAWAI DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KEBUMEN

FAWZI RIZKI PRADANA, NIM. 132400332 (2017) PENGARUH ISLAMIC WORK ETHIC TERHADAP ORGANIZATION CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA PEGAWAI DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH ISLAMIC WORK ETHIC TERHADAP ORGANIZATION CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA PEGAWAI DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KEBUMEN)
13240032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (2).pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH ISLAMIC WORK ETHIC TERHADAP ORGANIZATION CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA PEGAWAI DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KEBUMEN)
13240032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Fawzi Rizki Pradana (13240032), Pengaruh Islamic Work Ethic Terhadap Organization Citizenship Behavior Pada Pegawai di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen. Organisasi pada umumnya percaya untuk dapat bertahan dalam kompetisi, diperlukan kinerja individu yang maksimal, karena dapat meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan. Mencapai kinerja individu yang maksimal diperlukan Organization Citizenship Behavior. OCB sangat diperlukan karena dapat meningkatkan efektifitas organisasi. Namun pada kenyataannya masih banyak kekurangan penerapan OCB di Indonesia. Maka perlu ada terobosan yakni Islamic Work Ethic. IWE memberikan pengaruh yang baik terhadap sikap kerja yang positif seperti kerja keras, komitmen dan dedikasi serta memberi keuntungan bagi individu itu sendiri dan organisasi. Penerapan IWE dan OCB juga dilakukan oleh Kementerian Agama Kabupaten Kebumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh IWE terhadap OCB pada pegawai di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan mengambil lokasi di Kementerian Agama Kabupaten Kebumen. Data diambil dengan angket/kuesioner, serta didukung dengan data dokumentasi, dan observasi. Penyebaran kuesioner dilakukan pada 100 pegawai di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Kebumen. Data diolah dengan SPSS versi 24.0 for windows dengan metode analisis data yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis data deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linearitas, uji heterokedastisitas), uji regresi menggunakan uji regresi linear sederhana, uji hipotesis menggunakan uji t, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan variabel Islamic work ethic memiliki pengaruh yang positif sebesar 0,323 dengan organization citizenship behavior memiliki nilai konstanta 7,241. Signifikansi pengaruh Islamic work ethic terhadap organization citizenship behavior berdasarkan uji koefisien determinasi menunjukan angka 0,301 atau dengan kata lain Islamic work ethic memiliki pengaruh signifikansi sebesar 30,1 % terhadap organization citizenship behavior, adapun 69,9% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra.Hj.Mikhriani,M.M.
Uncontrolled Keywords: Islamic work ethic, organization citizenship behavior, Kementerian Agama
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Jul 2017 10:56
Last Modified: 11 Jul 2017 10:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26162

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum