PEMBELAJARAN STATISTIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM UPAYA PENINGKATKAN BASIL BELAJAR KELAS II A MTS N SUMBERAGUNG BANTUL

LESTARI SUPRIYATI, NIM. 03430037-T (2006) PEMBELAJARAN STATISTIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM UPAYA PENINGKATKAN BASIL BELAJAR KELAS II A MTS N SUMBERAGUNG BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN STATISTIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM UPAYA PENINGKATKAN BASIL BELAJAR KELAS II A MTS N SUMBERAGUNG BANTUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN STATISTIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM UPAYA PENINGKATKAN BASIL BELAJAR KELAS II A MTS N SUMBERAGUNG BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (calassroom Action Research) dengan subjek penelitian siswa kelas II A Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumberagung Bantul, yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Untuk keperluan penggalian dan pengambilan data digunakan instrumen yang terdiri dari lembar kerja, lembar observasi, angket dan tes. Dari analisis basil pengamatan proses pembelajaran dan aktivitas siswa selama pelaksanaan tindakan dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran statistika siswa kelas II A MTsN Sumberagung Bantu! dengan pendekatan kontekstual dapat melaksanakan tujuah komponen CTL, digambarkan sebagai berikut: ( 1) Konstuktivisme, dapat dilaksanakan melalui diskusi yang dilanjutkan dengan presentasi untuk mengungkapkan pengetahuan dan pemahaman yang diperoleh saat diskusi kelompok. (2) Inquiry, dilakukan melalui kegiatan menemukan rumus, baik dilaksanakan secara individu maupun kclompok. (3) Quuestioning, dapat dilaksanakan melalui tanya jawab antara guru dengan siswa atau siswa dengan siswa. ( 4) Learning Community, tercipta saat diskusi kelompok, bekerja di luar kelas atau dalarn mengerjakan tugas di rurnah. (5) Modelling, ter:jadi saat guru memberi contoh cara membaca diagram, rnenggambar histogram, atau saal siswa berdiri berjajar waktu membahas median. (6) Reflection, dapat dilaksanakan saat tanya-jawab di akhir pelajaran atau selesai mengerjakan tugas. (7) Autentic Assesment, dilaksanakan dengan cara penilaian terhadap siswa didasarkan atas berbagai aspek. Pembe1ajaran kontekstual yang dilaksanakan, disesuaikan dengan kondisi siswa meupun sarana prasarana yang ada. Pelaksanaan pembelajaran statistika dengan pendekatan kontekstual, memanfaatkan alat peraga dan lembar kerja siswa, terjadi peningkatan keaktifan siswa dalam belajar dengan ditandai dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam bertanya, berpendapat, dan kerja kelompok. Setiap akhir siklus siswa diberi tes tertulis untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data menunjukkan rata-rata nilai ~khir siklus pertama 6,3 dan di akhir siklus kedua meningkat menjadi 7,0.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Sedya Santosa, SS. M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Pcmbelajaran, Statistika, Statistika, Kontekstual
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 Jul 2017 04:00
Last Modified: 11 Jul 2017 04:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26163

Actions (login required)

View Item View Item