MANAJEMEN PENDISTRIBUSIAN WAKAF TUNAI DI BADAN WAKAF UANG/TUNAI MAJELIS ULAMA INDONESIA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

ST HAIRUNAS, NIM. 13240038 (2017) MANAJEMEN PENDISTRIBUSIAN WAKAF TUNAI DI BADAN WAKAF UANG/TUNAI MAJELIS ULAMA INDONESIA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENDISTRIBUSIAN WAKAF TUNAI DI BADAN WAKAF UANG/TUNAI MAJELIS ULAMA INDONESIA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
13240038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENDISTRIBUSIAN WAKAF TUNAI DI BADAN WAKAF UANG/TUNAI MAJELIS ULAMA INDONESIA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
13240038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

St. Hairunas (13240038), Manajemen Pendistribusian Wakaf Tunai di Badan Wakaf Uang/Tunai Majelis Ulama Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta, Skripsi. Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jumlah penduduk miskin terus bertambah sejak krisis ekonomi pada tahun 1997 sampai sekarang, pertumbuhan penduduk di bawah garis kemiskinan bukanlah karena persoalan kekayaan alam yang tidak seimbang dengan jumlah penduduk akan tetapi karena persoalan pendistribusian pendapatan dan akses ekonomi yang tidak adil disebabkan tatanan sosial yang kurang baik serta rendahnya rasa kesetiakawanan diantara anggota masyarakat. Oleh karena itu, keberadaan Badan Wakaf Uang/Tunai MUI DIY sangat membantu untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan program-program yang ada di BWU/T MUI DIY. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan terhadap pendistribusian wakaf tunai di BWU/T MUI DIY. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui teknik analisis deskriptif kualitatif dengan proses reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendistribusian manfaat wakaf tunai ditinjau dari fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan di BWU/T MUI DIY sudah efektif walaupun belum maksimal. Pendistribusian manfaat wakaf tunai pada tahun 2016 yang terlaksana yaitu dalam program Pinjaman Tanpa Agunan dan Biaya (PROTAB) 2, PROTAB Sebrakan, kemudian dalam bentuk Hibah Berkembang, dan Hibah Murni. Pendistribusian manfaat wakaf tunai dilakukan sendiri oleh BWU/T tanpa perantara Lembaga Keuangan Syariah dengan memprioritaskan pinjaman untuk Usaha Kecil Menengah di provinsi DIY, guna mewujudkan masyarakat mandiri melalui manfaat wakaf tunai, dan teciptanya sumberdaya muslim yang berakhlak mulia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mokh. Nazili, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pendistribusian, dan Wakaf Tunai
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Jul 2017 11:08
Last Modified: 11 Jul 2017 11:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26171

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum