METODE PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA TAKMIR MASJID ULIL ALBAB UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA

LILIS BUDIARTI, NIM. 13240069 (2017) METODE PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA TAKMIR MASJID ULIL ALBAB UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA TAKMIR MASJID ULIL ALBAB UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA)
13240069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (METODE PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA TAKMIR MASJID ULIL ALBAB UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA)
13240069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Lilis Budiarti (13240069), Skripsi berjudul Metode Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Takmir Masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Tahun 2016-2017. Sumber daya manusia merupakan komponen yang sangat berpengaruh pada suatu organisasi/lembaga/perusahaan. Memiliki SDM yang berkompeten maka organisasi tersebut mampu mencapai visi dan misinya. Penelitian ini membahas tentang pengembangan SDM pada takmir masjid Ulil Albab UII yang mana takmir masjid Ulil Albab hanya dikelola oleh mahasiswa dan mahasiswi yang aktif berkuliah dan juga belum memiliki keahlian yang sesuai dengan kualifikasi sebagai takmir masjid, namun dalam praktiknya mereka mampu melaksanakan pengelolaan masjid dan juga melaksanakan pengembangan SDM secara baik. Oleh karenanya takmir masjid semestinya hanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah kompeten dibidangnya sebagai seorang takmir. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui bagaimana metode pengembangan SDM yang dialkukan oleh takmir masjid Ulil Albab UII. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengmabilan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber data dan triangulasi pengumpulan data. Adapun analisis data dalam penelitian ini adalah analisis menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian yang didapat oleh peneliti menunjukkan bahwa pengembangan sumber daya manusia pada takmir masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia pada tahun 2016-2017 bahwa terdapat 14 metode pengembangan SDM yaitu enam metode masuk dalam kategori pelaksanaan di dalam masjid (on the job method), empat metode masuk dalam kategori magang (appreticeship) dan empat metode masuk dalam kategori di luar lingkup masjid (of the job method). Dapat disimpulkan bahwa metode pengembangan sumber daya manusia pada takmir masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia menggunakan metode variatif yang mana terdapat 14 metode di dalamnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nurmahni, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Pengembangan sumber daya manusia, Takmir Masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Jul 2017 11:47
Last Modified: 11 Jul 2017 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26185

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum