POTENSI MANUSIA DALAM SURAT AL BAQARAH AYAT 30-39 DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Studi Tafsir Al Misbah Karya M Quraish Shihab)

Downloads

Downloads per month over past year

ERNA PERMATASARI NIM: 04410794, (2009) POTENSI MANUSIA DALAM SURAT AL BAQARAH AYAT 30-39 DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Studi Tafsir Al Misbah Karya M Quraish Shihab). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (POTENSI MANUSIA DALAM SURAT AL BAQARAH AYAT 30-39 DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Studi Tafsir Al Misbah Karya M Quraish Shihab))
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (6Mb)
[img] Text
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (568Kb)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah bahwa tujuan pendidikan Islam yaitu untuk membina manusia agar menjadi makhluk sempurna yang dapat mengemban tugasnya di bumi sebagai khalifah. Namun kenyataan yang dihadapi adalah bahwa manusia masih belum memiliki kesadaran sepenuhnya akan potensi yang dimilikinya juga tujuan hidupnya yang memegang amanah sebagai khalifah di muka bumi iniPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Potensi Manusia dalam surat Al Baqarah ayat 30-39 dan implikasinya dalam Pendidikan (Studi Tafsir Al Misbah karya M Quraish Shihab). Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dalam pengembangan pendidikan Islam yang berwawasan kemanusiaan. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research), yaitu kajian literatur melalui riset kepustakaan yang menggunakan data kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari sumber primer dan sumber sekunder. Dengan teknik pengumpulan datanya melalui dokumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis - hermeneutis, karena dalam penyusunan penelitian ini lebih membutuhkan penafsiran dan pemahaman yang mendalam untuk mengungkap makna filosofis dari potensi manusia dalam surat Al-Baqarah ayat 30-39. Pendekatan hermeneutis sendiri merupakan kajian yang memerlukan interpretasi yang mendalam. Adapun analisis datanya menggunakan metode analisis isi, analisis isi digunakan untuk mengetahui pesan isi sebagaimana terdapat dalam suatu teks pesan atau isi yang terjadi akibat proses komunikasi yang terjadi antara teks dengan pembaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Potensi manusia menurut M Quraish Shihab dalam surat Al Baqarah ayat 30-39. M Quraish Shihab mengartikan potensi atau fitrah sebagai unsur, sistem tata kerja yang diciptakan Allah pada makhluk sejak awal kejadiannya sehingga menjadi bawaannya. Sejak kelahirannya manusia membawa potensi keberagamaan yang benar sebagai khalifah dan makhluk pedagogis yang dapat berkembang. Untuk mengembangkan potensi manusia dilaksanakan melalui proses pendidikan. 2) Implikasi potensi manusia menurut M Quraish Shihab dalam pendidikan Islam yaitu tujuan, materi dan metode pendidikan Islam. Pada aspek tujuan adalah supaya mengembangkan pertumbuhan yang seimbang dari potensi dan kepribadian total manusia melalui latihan spiritual, intelektual, rasional diri, perasaan serta kepekaan fisik. Pada aspek materi, materi yang di ajarkan pada anak didik tidak menyimpang dari koridor ketauhidan, sehingga pembentukan dan pengembangan potensi yang ada di dalam jiwa dan akal manusia bisa dan mampu mencapai apa yang menjadi cita-cita pendidikan. Metode yang diterapkan berorientasi dalam proses pengembangan tersebut dibutuhkan suatu metode yang efektif dan efisien untuk dapat merealisasikannya sehingga benar-benar mencapai hakikat tujuan hidupnya yaitu sebagai hamba Allah dan mampu mengemban tugasnya sebagai khalifah Allah SWT di muka bumi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs.H. Abd. Shomad. MA.
Uncontrolled Keywords: Potensi, Manusia, Surat Al-Baqoroh ayat 30-39, Implikas, Pendidikan, Islam, Tafsir Al-Misbah, Quraish Shihab
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2012 09:37
Last Modified: 13 Aug 2012 09:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2619

Actions (login required)

View Item View Item