UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN EFEKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW KELAS X SEMESTER II DI MAN YOGYAKARTA II

BAMBANG SUTRESNO, NIM. 02431367 (2006) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN EFEKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW KELAS X SEMESTER II DI MAN YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN EFEKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW KELAS X SEMESTER II DI MAN YOGYAKARTA II)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN EFEKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW KELAS X SEMESTER II DI MAN YOGYAKARTA II)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Pelaksanaan proses pembelajaran matematika di MAN Yogyakarta II, terutama kelas X selama ini berlangsung kurang efektif selain itu siswa juga terlihat kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini antara lain dapat dilihat dari aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung siswa kurang aktifbertanya, mengemukakan pendapat atau dalam menanggapi pendapat orang lain, selain itu proses pembelajaran masih berpusat pada siswa. Dengan kata lain dalam pembelajaran siswa belum aktif dan efektivitas pcmbelaran bclum tercapai. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dirasa masih kurang, dimana proses pembelajaran ini menggunakan pendekatan kooperatif (Cooperatif Learning) model jigsaw. Ocngan pembelajaran yang menggunakan pendekatan kooperatif model jig~aw ini diharapkan dapat meningkatkan keaktivan dan efektivitas belajar matematika, yakni dengan menerapkan 5 langkah pembelajaran kooperatif model jigsm1' yakni membaca dan memahami materi, diskusi kelompok ahli, diskusi kelompok asa, kuis alau tcs dan p~.:nghargaan tim. Penelitian tindakan kelas telah terlaksana dalam dua siklus dimana masingmasing siklus dibagi menjadi lima pertemuan. Dari peneli' ian ini diperoleh hasil yang menunjukkan peningkatan keaktivan dan efektivitas b.!lajar siswa khususnya di kelas XB MAN Yogyakarta II tahun ajaran 2005/2006. Peningkatan keaktifan terjadi pada siklus kedua sebesar I 3,28%, yakni dari 53,91% pada siklus pertama menjadi 67,19% pada siklus kedua. Sedangkan Peningkatan efektivitas pembelajaran yang diamati melalui lembar observasi mengalami peningkatan sebesar 27,75% pada siklus kedua, yakni dari 59% pada siklus pertama menjadi 86,75% pada siklus kedua. Penerapan model pembelajaran kooperatif model jigsaw juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada siklus pertama diperoleh nilai rata-rata kelas adalah 68,65, sedangkan pada siklus kedua nilai rata-rata kelas adalah 79,73. Nilai rata-rata kelas ini diambil dari nilai ulangan harian, tugas individulkuis dan tugas kelompok LKS juga dari hasil pre test siswa. Oengan demikian pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan keaktivan dan efektivitas belajar matematika khususnya di MAN Y ogyakarta II. Key Word: Pembelajaran, Cooperative learning, dan jigsaw.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. Drs. Sugiyono, M.Pd. 2. Dra. Endang Sulistyowati
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Cooperative learning, dan jigsaw.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Jul 2017 06:50
Last Modified: 11 Jul 2017 06:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26208

Actions (login required)

View Item View Item